//

IMPLEMENTASI QANUN NOMOR 5 TAHUN 2003 TENTANG KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MULYADI - Personal Name
SubjectREGULATIONS (LAWS)
CONSTITUIONAL LAW
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Berdasarkan Pasal 2 Qanun Kota Banda Aceh Nomor 5 Tahun 2003 tentang Kebersihan dan Keindahan menyebutkan bahwa pengaturan tentang kebersihan dan keindahan bermaksud untuk menata, mengendalikan serta mengawasi kegiatan kemasyarakatan yang mencerminkan keindahan dan keteraturan dalam wilayah. Sebagai ibukota provinsi, Kota Banda Aceh memang punya permasalahan tersendiri. Salah satu hal yang menjadi keluhan warga kota ialah mengenai sampah yang sering menumpuk di lokasi-lokasi yang tidak pantas karena tak terangkut oleh angkutan sampah milik pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan implementasi Qanun Kota Banda Aceh Nomor 5 Tahun 2003 tentang Kebersihan dan Keindahan, hambatan yang dialami dalam implementasi Qanun Kota Banda Aceh Nomor 5 Tahun 2003 dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang dialami. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui penelitian lapangan dan kepustakaan. Pada penelitian lapangan dilakukan dengan cara mewawancarai responden dan informan, sedangkan pada penelitian kepustakaan dilakukan dengan cara mempelajari peraturan perundang-undangan, buku-buku teks serta pendapat para sarjana yang berkenaan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan penelitian dijelaskan faktor yang menyebabkan terhambatnya implementasi Qanun Kota Banda Aceh Nomor 5 Tahun 2003 dipengaruhi oleh perkembangan jumlah penduduk, pembangunan fisik Kota Banda Aceh, adanya perilaku masyarakat membuang sampah sembarangan sehingga munculnya Tempat Pembuangan Sementara (TPS) liar, keterbatasan sarana dan prasana, sulitnya memperoleh lahan untuk lokasi TPS, belum berfungsinya penegakan hukum tentang kebersihan dan keindahan. Upaya dilakukan meningkatkan sumber daya manusia, peralatan, dan manajemen pengelolaan kebersihan dan keindahan, mengembangkan unit-unit tugas dalam rangka sosialisasi persampahan, retribusi dan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle), serta menjalin komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak (stakeholder), meningkatkan peran masyarakat dalam pengelolaan sampah di lingkungannya yang terintegrasi dengan sistem pelayanan oleh Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh, melakukan upaya penegakan hukum terhadap penerapan Qanun Nomor 5 Tahun 2003. Disarankan kepada Pemerintah Kota Banda Aceh untuk mewujudkan ketatalaksanaan wilayah Kota Banda Aceh yang bersih, indah, nyaman dan sesuai dengan Visi dan Misi Kota Banda Aceh sebagai Bandar Wisata Islami. Disarankan Dinas Kebersihan dan keindahan Kota Banda Aceh untuk melakukan progam peningkatan sarana dan prasarana kebersihan dalam pengelolaan sampah di wilayah Kota Banda Aceh. Disarankan kepada Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh dan Instansi Pemerintah Kota Banda Aceh yang terkait untuk lebih berperan aktif dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat terhadap penerapan Qanun Nomor 5 Tahun 2003 serta melakukan upaya penegakan hukum jika ada ditemukan PKL yang melanggar qanun tersebut.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI QANUN NOMOR 1 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA BANDA ACEH (NENNY YUSTIKA, 2019)

PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELANGGARAN PASAL 26 RNQANUN KOTA SABANG NOMOR 2 TAHUN 2012 TENTANG RNPENGELOLAAN SAMPAH DAN KEINDAHAN RN(SUATU PENELITIAN DI KOTA SABANG) (Zakiatul Fitri, 2015)

HARMONISASI DAN IMPLEMENTASI QANUN KHALWAT DENGAN QANUN PEMBINAAN KEHIDUPAN ADAT DAN ISTIADAT(SUATU PENELITIAN DI KABUPATEN BIREUEN) (Azzubaili, 2014)

ANALISIS KONTRIBUSI PENERIMAAN RETRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN/KEBERSIHAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA BANDA ACEH (YASNIVA, 2015)

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH ACEH BESAR TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH (Muji Bussalim, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy