//

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KONTEKS PERPISAHAN SEKOLAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NIKE BELLINA BR G - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
PROBLEM SOLVING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar belum mencapai ketuntasan. Hal tersebut disebabkan pembelajaran yang dilaksanakan cenderung berpusat pada guru. Siswa tidak berani untuk berpendapat dan mencoba. Salah satu strategi membantu siswa mencapai hasil belajar adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Selain menerapkan model Problem Based Learning (PBL), digunakan konteks yang dekat dengan siswa. Konteks perpisahan sekolah diharapkan dapat memaksimalkan pembelajaran dengan model PBL. Konteks perpisahan sekolah dapat menjadi ide pembelajaran untuk materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas dan respon siswa pada pembelajaran matematika model PBL menggunakan konteks perpisahan sekolah. Penelitian ini menjalankan pendekatan mixed methods dengan strategi embedded konkuren. Data kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa sedangkan data kualitatif untuk mengetahui aktivitas siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Baro dengan sampel yaitu siswa satu kelas yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yaitu tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas dan angket respon siswa. Hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model PBL dengan konteks perpisahan sekolah pada materi bangun ruang sisi datar mencapai kriteria ketuntasan minimal. Aktivitas siswa selama pembelajaran efektif untuk enam dari tujuh aspek yang diamati, yaitu hanya pada aspek mempresentasikan hasil kerja kelompok yang belum efektif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran kubus dan balok melalui model PBL dengan konteks perpisahan sekolah. Kata Kunci: Belajar dan Pembelajaran, Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPN 8 BANDA ACEH (FURQAN, 2020)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (masyithah, 2016)

PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADARNMATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS VRNSDN LHOKSEUMULU ACEH BESAR (EKASARI, 2014)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (RIZKA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy