//

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ILOILO SCIENCE AND TECHNOLOGY UNIVERSITY LABORATORIUM SCHOOL PHILIPPINES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IKA DHIAN LESTARI - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Labschool merupakan salah satu sekolah latihan bagi mahasiswa calon guru untuk mengembangkan pengalaman praktiknya guna menuju guru profesional. ISATU Labschool merupakan salah satu sekolah yang menyediakan fasilitas tersebut bagi mahasiswa calon guru yang mengikuti SEA Teacher Project yang diselenggarakan oleh SEAMEO. Oleh karena itu diharapkan ISATU Labshool dapat menjadi tempat latihan yang komplit bagi mahasiswa calon guru. Keunikan dari ISATU Labshool dari aspek pengajar yang mengandalkan dosen menarik perhatian penulis untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran matematika di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) relevansi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika di ISATU Labshool; (2) aktivitas siswa selama pembelajaran matematika di ISATU Labschool. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian untuk mengkaji relevansi antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran matematika adalah seorang dosen yang berperan sebagai guru, sedangkan untuk mengkaji aktivitas siswa, subjek penulisannya adalah 30 orang siswa di salah satu kelas upper secondary school ISATU Labshool, yaitu kelas Eagle. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan obervasi dan wawancara. Data berupa relevansi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika serta aktivitas siswa dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang telah didapat ditrianggulasikan terlebih dahulu sebelum disajikan agar kesimpulan yang ditarik nantinya berlandaskan alasan yang kuat. Hasil penelitian yang didapatkan penulis menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran matematika di ISATU Labschool tidak relevan dengan pelaksanaan pembelajaran; (2) siswa kurang aktif selama pembelajaran matematika di ISATU Labschool. Penulis merekomendasikan agar: (1) Seorang guru harus melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang telah dibuatnya; (2) pembelajaran lebih melibatkan siswa agar siswa terbiasa untuk melalukan aktivitas oral. Kata kunci: Pembelajaran Matematika, ISATU Labschool, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, Aktivitas Siswa

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI K-12 BASIC EDUCATION CURRICULUM DI CBSUA-LAB HIGH, PHILIPPINES (Nadiatun Firda, 2020)

AN ANALYSIS OF TEACHER’S USE OF ENGLISH IN TEACHING MATHEMATICS (A CASE STUDY AT TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH) (Muthia Kumala Dewi, 2018)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI INTEGRAL (Raudhatul Husna, 2021)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DI KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH (DELISMA SIREGAR, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy