//

PENGGUNAAN EDUKASI DERET UNTUK MENYELESAIKAN PERSAMAAN DIFERENSIAL LINEAR ORDE DUA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Safrina - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Abstrak: Persamaan diferensial merupakan salah satu mata kuliah wajib di perguruan tinggi negeri khususnya di jurusan pendidikan matematika FKIP Unsyiah yang diharapkan mahasiswa dapat mengasah keahlian untuk berkarya menganalisis, memodelkan, menyelesaikan, serta mengaplikasikan teori yang telah dipelajari ke teori lanjutan. Salah satu materi yang dipelajari pada mata kuliah ini yaitu Persamaan Diferensial Linear (PDL) orde dua yang tidak sederhana untuk diselesaikan yaitu PDL orde dua dengan koefisien tak tentu. Meskipun PDL orde dua dengan koefisien tak tentu tidak ada pada kurikulum jurusan, persamaan ini perlu dikaji penyelesaiannya mengingat penerapannya pada matematika sangat banyak. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan edukasi deret untuk menyelesaikan PDL orde dua khususnya dengan koefisien tak tentu. Sumber data pada penelitian ini ialah buku referensi kalkulus dan pakar matematika bidang kalkulus. Adapun pendekatan penelitian yang dipakai ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian design research dengan produk berupa langkah penyelesaian penggunaan eduksi deret untuk menyelesaikan PDL orde dua. Data diperoleh melalui analisis buku, jurnal, perbincangan dengan pakar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan langkah Milles dan Hubermen serta menggunakan triangulasi teori untuk keabsahan data. Hasil penelitian ini yaitu diperolehnya langkah-langkah penyelesaian PDL orde dua yang memiliki koefisien tak tentu dengan edukasi deret yaitu persamaan Airy, Hermite, Chebyshev, Legendre, Bessel, Leguerre, dan Hipergeometrik Gauss. Implikasi kajian ini yaitu langkah-langkah penyelesaian PDL orde dua dengan edukasi deret dapat menjadi referensi dan tugas mandiri untuk membantu mahasiswa mengaplikasikan materi kalkulus yang telah dipelajari sebelumnya. Kata kunci: Edukasi deret, Deret taylor, Deret maclaurint, Persamaan diferensial linear orde dua

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SOLUSI PERSAMAAN KORTEWEG-DE VRIES DENGAN MENGGUNAKAN METODE ASIMTOTIK ORDE LIMA (Intan Puasana, 2015)

METODE EKSPANSI ASIMTOTIK DALAM PENDEKATAN SOLUSI ANALITIK PADA PERSAMAAN BENJAMIN-BONA-MAHONY (Keumala Hayati, 2014)

PENERAPAN METODE EKSPANSI ASIMTOTIK UNTUK MENCARI SOLUSI SEMI ANALITIK PADA PERSAMAAN HUNTERSAXTON MODIFIKASI (Diana sari, 2016)

SOLUSI PERSAMAAN INTEGRAL DIFERENSIAL FREDHOLM LINIER DENGAN METODE EKSPANSI TAYLOR (Mansuri, 2019)

SOLUSI PERSAMAAN FISHER DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPANSI ASIMTOTIK (Diah Wardani Chaidesar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy