//

HUBUNGAN HB PRETRANSFUAI TERHADAP KUALITAS HIDUP ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Miftahul Rauhan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Thalasemia merupakan penyakit kelainan darah yang terjadi akibat adanya gangguan pada sintesis salah satu dari dua tipe rantai polipeptida sehingga salah satu dari tipe rantai (α atau β) yang membentuk molekul normal hemoglobin manusia berkurang. Kualitas hidup penderita thalasemia dapat dipengaruhi oleh terapi yang diberikan yaitu salah satunya adalah terapi transfusi darah untuk mempertahankan kadar Hb sekaligus menunjang kehidupannya agar dapat beraktivitas layaknya orang normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara Hb pretransfusi terhadap kualitas hidup pada anak penderita thalasemia-β mayor di sentral thalasemia RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasionaldengan rancangan cross-sectional. Data diperoleh dari buku status atau rekam medik responden dan hasil wawancara langsung dengan responden menggunakan kuesioner Pediatrics Quality of Life (PedsQL). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total dari 45 responden, 28 (62,2%) responden menjalani transfusi darah secara tidak teratur dan dari jumlah tersebut terdapat 23 (82,1%) memiliki kualitas hidup yang buruk, 5 (17,9%) responden lainnya memiliki kualitas hidup yang baik. Terdapat 17 (37,8%) responden yang menjalani transfusi darah teratur, dari jumlah tersebut terdapat 9 (52,9%) responden memiliki kualias hidup yang baik dan selebihnya 8 (47,1%) memiliki kualitas hidup buruk. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan chi-square, didapatkan p value sebesar 0,033 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kadar Hb pretransfusi terhadap kualitas hidup pada anak penderita thalasemia beta mayor. Kata Kunci : Thalasemia beta mayor, transfusi darah, kualitas hidup

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN HB PRETRANSFUAI TERHADAP KUALITAS HIDUP ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI RSUDZA BANDA ACEH (Miftahul Rauhan, 2019)

HUBUNGAN TUMBUH KEMBANG BALITA DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITATHALASSEMIARNBETA MAYOR DI SENTRAL THALASSEMIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Khairunnisa, 2014)

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI TERHADAP PERKEMBANGAN SEKS SEKUNDER PADA ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUDZA BANDA ACEH (Fahmiati Arifna, 2017)

HUBUNGAN USIA DAN KUALITAS HIDUP TERHADAP SINDROM DEPRESI PADA PENDERITA THALASSEMIA BETA MAYOR DI INSTALASI SENTRAL THALASSEMIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (nasyirah, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI DENGAN PERTUMBUHAN LINIER ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FANINA RIZKIA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy