//

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MTSN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAWADDAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mawaddah (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa MTsN dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Jenis Kelamin. Kemampuan berpikir kritis termasuk salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang secara esensial merupakan keterampilan dalam menyelesaikan masalah. Salah satu kompetensi dalam kurikulum 2013 adalah mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kritis matematis siswa MTsN dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah empat subjek siswa kelas IX-9 MTsN Model Banda Aceh yang terdiri dari dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator interpretasi, inferensi dan eksplanasi siswa laki-laki dan perempuan mampu memenuhi semua aspek yang diukur, sedangkan pada indikator analisis dan evaluasi, siswa laki-laki tidak mampu menggunakan perhitungan yang benar dalam menyelesaikan masalah. Secara umum, kemampuan berpikir kritis matematis siswa perempuan sedikit lebih baik dibandingkan dengan siswa laki-laki dalam memecahkan masalah matematika. Kata kunci: berpikir kritis, pemecahan masalah, jenis kelamin.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MTSN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (MAWADDAH, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Mutia Fariha, 2013)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLRM BASED LEARNING DI SMP PKPU ACEH BESAR (Masitah, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy