//

MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD BUNGA MELATI DESA TUNGKOP KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Ramadhani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ramadhani, Sri. 2018. Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bermain Peran di PAUD Bunga Melati Desa Tungkop Kabupaten Aceh Besar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Amsal Amri, M.Pd (2) Dra.Yuhasriati, M.Pd Kata Kunci : Bermain Peran, Mengembangkan, Kemandirian Bermain peran adalah salah satu kegiatan yang secara langsung melibatkan anak untuk menjadi pemeran sesuai dengan tema dan tokoh yang dipilih anak serta diberikan atribut yang sesuai dengan tema yang dipilih. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana perkembangan kemandirian anak usia dini melalui kegiatan bermain peran di PAUD Bunga Melati Desa Tungkop Kabupaten Aceh Besar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perkembangan kemandirian anak usia dini dengan melaksanakan kegiatan bermain peran di PAUD Bunga Melati Desa Tungkop Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, Setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di PAUD Bunga Melati Tungkop Aceh Besar, berjumlah 10 orang terdiri atas 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Data dikumpulkan melalui hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan prasiklus sebanyak 6 anak belum berkembang (BB), 2 anak mulai berkembang (MB), 2 anak yang berkembang sesuai harapan (BSH), dan belum ada anak yang berkembang sangat baik (BSB). Pada tindakan siklus 1, anak yang mulai berkembang (MB) berjumlah 3 anak (25 %), anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) berjumlah 3 anak (25 %), dan yang berkembang sangat baik (BSB) berjumlah 3 anak (25 %). Pada tindakan siklus II, anak mengalami perkembangan yang sangat baik dari siklus sebelumnya, anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) berjumlah 2 anak (25 %), dan 8 anak (70 %) yang berkembang sangat baik (BSB). Hasil akhir dari observasi dalam bermain peran terjadi perkembangan kemandirian anak sebanyak 70%. Disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain peran dapat mengembangkan kemandirian anak usia dini pada PAUD Bunga Melati Tungkop Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD BUNGONG SEURUNE DESA TUNGKOB KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Amalia Sari, 2019)

MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (PUTRI AYURA, 2020)

MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO DI PAUD BUNGONG TANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (Madrisah, 2019)

MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (RAHMAYENI TANJUNG, 2019)

MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD QUR’ANI NURUL ILMI GAMPONG REUDEP MONTASIK ACEH BESAR (PUTRI AYU, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy