//

PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMPN 19 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AINAL MARDIAH - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
PROBLEM SOLVING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Salah satu kecenderungan yang menyebabkan siswa gagal memecahkan masalah matematika karena kurangnya kemampuan penalaran matematis. Siswa juga perlu dibiasakan untuk menyelesaikan permasalahan yang dibuatnya sendiri. Penerapan pendekatan problem posing pada siswa sekolah menengah pertama diharapkan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan memperhatikan aktivitas dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing juga diperhatikan sebagai data pendukung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan selama empat kali pertemuan dan terdiri atas dua siklus dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 19 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan penalaran matematis, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dapat ditingkatkan melalui pendekatan problem posing. Hal ini ditunjukkan oleh terjadinya peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Pada siklus-I 50% siswa telah memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik dan meningkat menjadi 95,83% pada siklus-II. Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa juga didukung oleh aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing yang aktif dan efektif serta respon siswa terhadap pembelajaran yang sangat positif

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (SITI RAHMAH, 2019)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MIND MAP (Purwanti, 2016)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Emilia, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy