MEDIA PEMBELAJARAN PENCARIAN MINIMUM SPANNING TREE MENGGUNAKAN ALGORITMA KRUSKAL PADA GRAF SEDERHANA DENGAN PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN METODE DRILL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MEDIA PEMBELAJARAN PENCARIAN MINIMUM SPANNING TREE MENGGUNAKAN ALGORITMA KRUSKAL PADA GRAF SEDERHANA DENGAN PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN METODE DRILL


Pengarang

MIFTA UL ROSADA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1408101010029

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penelitian ini membahas perancangan media pembelajaran pencarian minimum
spanning tree pada graf sederhana yang berbobot dan tidak berarah. Perancangan
media pembelajaran terdiri dari perancangan skenario media pembelajaran,
perancangan user interface, penyusunan algoritma, pengkodean program, dan
pengujian program. Media pembelajaran ini dapat menemukan sebuah solusi dari
permasalahan minimum spanning tree menggunakan algoritma kruskal. Pencarian
minimum spanning tree dapat divisualisasikan langkah demi langkah algoritma
pencarian secara efektif dan animatif. Aplikasi ini dibangun menggunakan Adobe
Flash CS 6 dengan menggunakan bahasa pemograman Action Script 3.0. Media
pembelajaran dirancang untuk menerapkan dua konsep metode drill dalam proses
pencarian minimum spanning tree yaitu: Full-Computer adalah pencarian hanya
dilakukan oleh komputer, User-Computer adalah pencarian dilakukan oleh pengguna
terlebih dahulu dan komputer hanya mengawasi setiap proses pencarian. Jika
pengguna mengalami kesalahan dalam proses pencarian maka komputer akan
memberitahukan bagian proses yang salah.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Graf Berbobot dan Tidak Berarah, Minimum
Spanning Tree, Algoritma Kruskal, Metode Drill, Adobe Flash CS 6,
Action Script 3.0.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK