//

PENGGUNAAN POLITIK ETNIS PADA PILKADA BUPATI DAN WAKIL BUPATI DI KABUPATEN ACEH SINGKIL TAHUN 2017 (STUDI TENTANG PENYEBAB KEKALAHAN KANDIDAT DARI SUKU PAKPAK)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sadryansyah Berutu - Personal Name
SubjectPOLITICS
ETHNIC NASIONALISM
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Kabupaten Aceh Singkil memiliki beragam suku yang didominasi oleh Suku Pakpak sebagai kaum mayoritas. Semenjak dimekarkan dari Aceh Selatan kepala pemerintahan berasal dari suku Pakpak, awal pemekaran pada tahun 1999 dipimpin oleh H. Makmur Syahputra Bancin dan berlanjut pada periode berikutnya dengan masa jabatan 2006 hingga 2012 dan diteruskan oleh Syafriadi Manik dengan masa bakti 2012-2017 dari hasil pilkada 2012. Etnis menjadi bagian terpenting dalam kontestasi politik di Kabupaten Aceh Singkil, namun estafet kepemimpinan suku Pakpak sebagai mayoritas untuk pertama kali dikalahkan oleh kandidat dari suku Jawa pada pilkada tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran politik etnis pada pilkada tahun 2017 di Kabupaten Aceh Singkil dan penyebab kekalahan kandidat dari suku Pakpak pada pilkada tahun 2017 di Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dengan menggunakan metode wawancara dan studi pustaka. Dimana peneliti melakukan wawancara dengan Bupati terpilih dari Suku Jawa dan pihak-pihak terkait serta mencari literatur-literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pada pilkada tahun 2017 peran politik etnis sudah berkurang dan terjadi penurunan elektabilitas dari kandidat suku Pakpak yang disebabkan oleh beberapa faktor pada masa kepemimpinan suku Pakpak sebelumnya yaitu faktor personal (sikap arogansi dan otoriter), faktor internal (perpecahan dikalangan masyarakat suku Pakpak) dan faktor eksternal (pemanfaatan situasi politik dan pengelolaan klan politik).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MONEY POLITICS TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT ACEH SINGKIL PADA PILKADA 2017 (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN KOTA BAHARU DAN KECAMATAN SINGKOHOR) (Vina Amalia Sholehah, 2021)

KEKALAHAN PASANGAN SARJANI ABDULLAH – M. IRIAWAN DALAM PILKADA SERENTAK TAHUN 2017 DI KABUPATEN PIDIE (USWATUL KHAIRAT, 2018)

PRAKTIK MONEY POLITIK PADA PILKADA DI KABUPATEN ACEH SINGKIL TAHUN 2017 (STUDI ANALISIS PRAKTIK MONEY POLITIK DI KECAMATAN SIMPANG KANAN) (Asmidar, 2019)

PENGARUH PEMECATAN KEUCHIK DI KECAMATAN DARUL IMARAH TERHADAP KEKALAHAN PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI (SAIFUDIN YAHYA – JUANDA M. DJAMAL) PADA PILKADA TAHUN 2017 DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (TIA NANDA, 2018)

KEMENANGAN KANDIDAT ETNIS BAHASA SIGULAI PADA PILKADA TAHUN 2017 DI KABUPATEN SIMEULUE (STUDI MUNCULNYA POLITIK IDENTITAS PADA PILKADA TAHUN 2017 DI KABUPATEN SIMEULUE) (Joni Alianda, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy