//

PENERAPAN GOOD GOVERNANCE DALAM PENYELENGGARAAN GAMPONG SYARI’AH DI GAMPONG BEURAWE DAN GAMPONG LAMBARO SKEP KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ELIA SAPUTRI - Personal Name
SubjectPUBLIC SERVICE (CIVIL SERVICE)
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Pelaksanaan Gampong Syari’ah di Kota Banda Aceh didasari pada Peraturan Walikota Nomor 33 Tahun 2009 Tentang Pelaksanaan Gampong Syari’ah. Pada Tahun 2012 Pemerintah Kota Banda Aceh menunjuk Gampong Beurawe dan Gampong Lambaro Skep sebagai model Gampong Syari’ah. Untuk mendukung program tersebut, Pemerintah Kota Banda Aceh dituntut mampu untuk menyelenggarakan pemerintahan yang baik sebagai landasan bagi penyusunan dan penerapan kebijakan yang demokratis dari sisi Good Governance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan prinsip Good Governance dalam pembuatan keputusan peraturan-peraturan gampong syari’ah di Gampong Beurawe dan Gampong Lambaro Skep, dan untuk menganalisis temuan kasus yang mengarah pada tidak tercapainya Good Governance di kedua gampong. Adapun dalam penelitian ini menggunakan dua teori, yaitu teori Good Governance dan teori Kebijakan Publik. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif sebagai pendekatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gampong Syari’ah di Gampong Beurawe dan Gampong Lambaro Skep dalam penerapan sembilan prinsip Good Governance dinilai masih kurang efektif dan jauh dari harapan yang diinginkan. Pada penerapan Good Governance di kedua gampong syari’ah terdapat kendala dalam upaya pelaksanaannya yaitu kurang maksimalnya aspek pengawasan serta evaluasi dalam mengoptimalkan penerapan Good Governance. Kepada pemerintah kedua gampong yang dilabelkan Gampong Syari’ah harus lebih mandiri dalam pelaksanaan dan membuat program yang berbasis Syari’ah dimasing-masing gampong dan turut mengikutsertakan masyarakat didalamnya, diharapkan kepada pihak pemerintah untuk lebih memberikan perhatian serta dukungan kepada kedua gampong yang berlabel gampong syari’ah terkait untuk keberlangsungan gampong syari’ah ini kedepannya yang lebih baik lagi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM PENERAPAN GAMPONG SYARIAT (SUATU PENELITIAN DI GAMPONG BEURAWE DAN LAMBARO SKEP) (NURMASYITAH, 2015)

PELAKSANAAN QANUN JINAYAT DAN SOLIDARITAS SOSIAL DI ACEH (STUDI KASUS DI GAMPONG BEURAWE DAN LAMBARO SKEP, KOTA BANDA ACEH) (Dara Hilda Maisyita, 2018)

PERAN DINAS SYARIAT ISLAM DALAM MENGEDUKASIKAN KONSEP MASYARAKAT MADANI (Riki Munawar Khalil, 2016)

KEMISKINAN DI PERKOTAAN (STUDI KASUS GAMPONG LAMBARO SKEP) (Mirza Irwanda, 2018)

PELAKSANAAN SYARIAH ISLAM DI GAMPONG LAMBARO SKEP KOTA BANDA ACEH (Aja Aulia Rahmah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy