PENERAPAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMAN 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENERAPAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMAN 1 BANDA ACEH


Pengarang

LAILATUL QADRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200160013

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Lailatul Qadri (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa melalui Penerapan Strategi REACT di SMA 1 Banda Aceh.
Kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis penting untuk menumbuhkan kemampuan dalam diri siswa menggunakan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi saat ini memperlihatkan bahwa siswa masih mengalami kendala dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa. Strategi yang dapat diterapkan yaitu melalui Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran dengan strategi REACT. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA-3 SMAN 1 Banda Aceh sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT dan siswa kelas X MIA-1 SMAN 1 Banda Aceh sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Instrumen penelitian ini yaitu tes kemampuan berpikir kreatif dan tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata dua sampel yaitu uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT lebih baik dari pada peningkatan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional pada taraf sig. 0,000 < 0,05 (? = 0,05).


Kata Kunci : Kemampuan berpikir kreatif matematis, Kemampuan komunikasi matematis, Strategi REACT.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK