//

PENERAPAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMAN 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LAILATUL QADRI - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
COMMUNICATION IN TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Lailatul Qadri (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa melalui Penerapan Strategi REACT di SMA 1 Banda Aceh. Kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis penting untuk menumbuhkan kemampuan dalam diri siswa menggunakan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi saat ini memperlihatkan bahwa siswa masih mengalami kendala dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa. Strategi yang dapat diterapkan yaitu melalui Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran dengan strategi REACT. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA-3 SMAN 1 Banda Aceh sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT dan siswa kelas X MIA-1 SMAN 1 Banda Aceh sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Instrumen penelitian ini yaitu tes kemampuan berpikir kreatif dan tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata dua sampel yaitu uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran melalui strategi REACT lebih baik dari pada peningkatan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional pada taraf sig. 0,000 < 0,05 (α = 0,05). Kata Kunci : Kemampuan berpikir kreatif matematis, Kemampuan komunikasi matematis, Strategi REACT.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA (ELVIRA HAJRIDA, 2016)

KEMAMPUAN BEPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Hasanul Basri, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Zulfiati, 2016)

PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERBANDINGANRNSISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Nur Irsyadiyati, 2015)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CHALLENGE BASED LEARNING (HAYATUN NUFUS, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy