//

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI BENTUK AKAR DI KELAS X SMA NEGERI 1 KLUET UTARA RNTAHUN PELAJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Hidayah - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Kesulitan Siswa, Materi Bentuk Akar Matematika memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan, karena matematika merupakan suatu ilmu yang dapat menunjang ilmu pengetahuan lainnya. Salah satu materi dalam mata pelajaran matematika adalah materi bentuk akar yang diajarkan kepada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kluet Utara. Berdasarkan wawancara dan observasi terhadap guru matematika di SMA Negeri 1 Kluet Utara terungkap bahwa sebagian besar siswa belum memahami materi bentuk akar, misalnya siswa belum memahami operasi aljabar bentuk akar, menyederhanakan bentuk akar dan merasionalkan penyebut bentuk akar pada pecahan. Mengingat kenyataan tersebut, peneliti tertarik untuk mengungkap lebih jauh tentang masalah ini dengan melakukan penelitian yang berjudul “Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Bentuk Akar di Kelas X SMA Negeri 1 Kluet Utara Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa saja, dan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dilakukan siswa kelas X SMA Negeri 1 Kluet Utara dalam menyelesaikan soal bentuk akar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Kluet Utara sebanyak 19 orang siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa tes dan wawancara. Tes dilakukan untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesulitan-kesulitan yang dilakukan siswa yaitu : (a) Kesulitan konsep, (b) kesulitan prinsip dan (c) kesulitan verbal. (2) penyebab kesulitan yang dilakukan siswa antara lain: (a) Belum memahami pengertian dasar dari bentuk akar, (b) belum memahami sifat-sifat dari bentuk akar, (c) belum memahami sifat distributif perkalian, (d) belum memahami aturan dari teorema Pythagoras dan (e) belum memahami tentang merasionalkan penyebut pecahan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN SENI TEATER PADA MATERI RANCANGAN DAN PERSIAPAN PEMENTASAN TEATER MODERN DI KELAS IX SMP NEGERI 5 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (Aisyatur Radhiah, 2017)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI VEKTOR DI KELAS XI AKSES II SMK NEGERI 5 TELKOM BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Zuraida, 2014)

KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Badratun Nafis, 2014)

PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (ZALEKHA, 2014)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI VEKTOR DI KELAS XII SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (FAURINA RINANDA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy