//

PENGARUH FAKTOR ERGONOMI MAKRO TERHADAP PERILAKU KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (STUDI KASUS CV AGRO MAKMUR MANDIRI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rafika Febrina Agustin - Personal Name
SubjectPUBLIC HEALTH
ENVIRONMENTEL HEALTH-PERSONAL HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Ergonomi Makro merupakan pendekatan sosio-teknik untuk mengharmonisasikan sistem kerja yang berkomitmen pada keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Perilaku K3 pekerja cenderung memengaruhi terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja di kalangan pekerja. CV Agro Makmur Mandiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi pupuk Kieserit magnesium. Kondisi saat ini dari pekerja, organisasi, variasi tugas dan lingkungan menyebabkan rasa jenuh saat bekerja, kurangnya motivasi dan ketidakhadiran pekerja, sehingga berdampak pada penurunan performa kerja serta produktivitas perusahaan. Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor ergonomi makro terhadap perilaku K3 pekerja, digunakan metode Macroergonomics Organizational Questionnaire Survey dan analisis jalur (path analysis). Pengaruh secara simultan dari faktor pekerja, faktor organisasi, faktor variasi tugas dan faktor lingkungan terhadap perilaku K3 pekerja adalah sebesar 76,9%. Hal ini membuktikan bahwa keempat variabel faktor ergonomi makro tersebut memberi pengaruh kuat terhadap perilaku K3 Pekerja. Pengaruh parsial secara langsung dari variabel faktor ergonomi makro terhadap perilaku K3 sebesar : faktor pekerja sebesar 2,3%, faktor kondisi organisasi sebesar 52%, faktor variasi tugas 2,01% dan faktor lingkungan sebesar 5,2%. Fator organisasi memiliki pengaruh yang paling tinggi sedangkan pengaruh paling rendah disebabkan oleh faktor variasi tugas. Dari keempat variabel faktor ergonomi makro dapat disimpulkan bahwa hanya variabel faktor organisasi yang berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku keselamatan dan kesehatan kerja pekerja. Kata kunci : Ergonomi Makro, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Analisis Jalur, MOQS

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN HEALTH LOCUS OF CONTROL DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA (Naila Iffah, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PERAWATAN KESEHATAN PADA KLIEN DEWASA TUBERKULOSIS PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Saifullah, 2018)

PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH SEKTOR KESEHATAN PUBLIK DAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT DI ACEH (QAMARUL AKHYAR, 2018)

PENGARUH PENGETAHUAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PERILAKU PEKERJA PROYEK INFRASTRUKTUR JALAN TOL BANDA ACEH - SIGLI (HANNI HUSEN, 2021)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Nadya Tasya, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy