//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN TREASURE CLUE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII MTSN 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Rismainar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rismainar, Desi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Permainan Treasure Clue Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTsN 4 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Syamsul Bardi, M. Si, (2) H. Daska Aziz, S.Pd.MA. Kata kunci: Penerapan, Model Pembelajaran, Teams Games Tournament, Treasure Clue, Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media permainan Treasur Clue kelas VIII MTsN 4 Banda Aceh. (2) mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media permainan Treasure Clue. (3) mengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media permainan Treasure Clue. (4) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di MTsN 4 Banda Aceh pada tanggal 1 s.d 30 Maret 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 MTsN 4 Banda Aceh yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pre-test dan pos-test, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dan lembar angket siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 13 siswa yang tuntas pada siklus I, 24 siswa yang tuntas pada siklus II, dan 32 siswa yang tuntas pada siklus III, persentase ketuntasan secara klasikal pun meningkat dari 20% pada siklus I, 70% pada silus II dan 90% pada siklus III; (2) Aktivitas guru dan siswa meningkat dari 5 aktivitas sesuai pada siklus I menjadi 7 aktivitas yang sesuai pada siklus II dan seluruh aktivitas sesuai pada siklus III; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari 2,8 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,2 dengan kategori baik pada siklus II dan 3,8 dengan kategori sangat baik pada siklus III; (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media permainan Treasure Clue dapat dikatakan baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Rusliana, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XII DI SMAN 5 BANDA ACEHRNDI SMAN 5 BANDA ACEH (Zikrayanti, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X PADA MATERI VEKTOR DI SMA N 1 KUTA COT GLIE. (Zahratul Muhaira, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATERI SATUAN JARAK DANRN KECEPATAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Fajar Alfisyahril, 2014)

PEMBELAJARAN ALAT MUSIK GORDANG SAMBILAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATERI MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA DI MTSN RUKOH (Harvan Juliawan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy