//

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS KORUPSI E-KTP OLEH SETYA NOVANTO DI CNNINDONESIA.COM DAN VIVA.CO.ID

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Denny Elvras Jaya - Personal Name

Abstrak/Catatan

Analisis Framing Pemberitaan Kasus Korupsi E-KTP Oleh Setya Novanto Di Cnnindonesia.com Dan Viva.co.id ABSTRAK Penelitian ini berjudul Analisis Framing Pemberitaan Kasus Korupsi e-KTP Oleh Setya Novanto Di Cnnindonesia.com Dan Viva.co.id. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui framing berita tentang kasus korupsi e-KTP oleh Setya Novanto di cnnindonesia.com dan viva.co.id. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu artikel berita tentang Setya Novanto pada tanggal 24 April 2018 di media online cnnindonesia.com dan viva.co.id. Peneliti menganalisis hasil penelitian ini menggunakan perangkat framing Robert N Entman. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya sudut pandang yang berbeda dari portal berita cnnindonesia.com dan viva.co.id. Cnnindonesia.com melihat kasus Setya Novanto bukan hanya sebagai permasalahan vonis hukum dan menggiring pembaca bahwa Setya Novanto bukanlah pelaku tunggal korupsi e- KTP dan mengembangkan alibi-alibi dari kasus tersebut. Namun viva.co.id melihat kasus ini sebagai kasus hukum yang hanya menonjolkan aspek hukum, dan hanya menyajikan fakta yang ada dilapangan tetapi tidak mengembangkan alibi-alibi yang disebutkan oleh Setya Novanto. Hal ini sesuai dengan teori framing yang mengatakan framing dijalankan oleh media dengan menyeleksi isu tertentu dan mengabaikan isu lain, serta menonjolkan aspek isu tertentu dan menggunakan berbagai strategi wacana serta penempatan yang mencolok, pengulangan, pemakaian grafis untuk mendukung dan memperkuat penonjolan, pemakaian label tertentu ketika menggambarkan orang atau peristiwa yang diberitakan. Kata Kunci: Framing, Kasus Korupsi e-KTP

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINJAUAN YURIDIS PERSIDANGAN MAHKAMAH KEHORMATAN DEWAN DALAM PERKARA PELANGGARAN KODE ETIK (KHAIRUL AZWAR, 2016)

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS PEMERKOSAAN OLEH REYNHARD SINAGA DI MEDIA ONLINE KOMPAS DAN THE GUARDIAN (LIA CAESARINA, 2021)

ANALISIS KONSTRUKSI REALITAS MEDIA TENTANG BERITA KASUS KORUPSI GUBERNUR ACEH DI HARIAN SERAMBI INDONESIA (UCI SETIAWAN, 2019)

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER (LGBT) PADA MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID DAN TEMPO.CO (Murti Ali Lingga, 2018)

FUNGSI HUKUM PROSEDURAL DALAM PENGISIAN JABATAN PIMPINAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (SUATU STUDI TERHADAP PENGGANTIAN SETYA NOVANTO DAN PEMBERHENTIAN FAHRI HAMZAH) (FHADILAH EKA PRATIWI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy