PERSEPSI PASIEN TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR MANUSIA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERSEPSI PASIEN TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR MANUSIA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH


Pengarang

DELA SUKANDAR - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1512101010076

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kebutuhan dasar manusia merupakan serangkaian unsur yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup agar tetap dalam kondisi optimal. Penyakit atau cedera dapat mengganggu seseorang untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dan menyebabkan seseorang mengalami penurunan level fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pasien terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif; deskriptif dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian ditentukan berdasarkan jumlah tempat tidur yaitu 144 tempat tidur, teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling dengan jumlah 63 pasien ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pasien terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh berada pada kategori baik 82,5% mencakup delapan elemen, yaitu bernapas dengan normal 63,5% pada kategori baik, makan dan minum dengan cukup 92,1% pada kategori baik, eliminasi sampah tubuh 61,9% pada kategori baik, bergerak dan mempertahankan posisi yang diinginkan 71,4% pada kategori baik, tidur dan istirahat 63,5% pada kategori baik, memilih pakaian yang pantas 93,7% pada kategori baik, mempertahankan suhu tubuh dalam kisaran normal 92,1% pada kategori baik, dan memelihara kebersihan tubuh 65,1% pada kategori kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan bagi perawat untuk lebih memprioritaskan pemenuhan kebutuhan dasar pasien, terutama kebutuhan personal hygiene dalam rangka proses pemulihan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK