//

PENGARUH POLITIK IDENTITAS ETNIS TIONGHOA TERHADAP KEMENANGAN AMINULLAH USMAN- ZAINAL ARIFIN PADA PILKADA 2017 DI BANDA ACEH (STUDI KASUS PADA ETNIS TIONGHOA DI KECAMATAN KUTA ALAM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Armia - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGARUH POLITIK IDENTITAS ETNIS TIONGHOA TERHADAP KEMENANGAN AMINULLAH USMAN-ZAINAL ARIFIN PADA PILKADA 2017 DI BANDA ACEH (Studi Kasus Pada Etnis Tionghoa Di Kecamatan Kuta Alam) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (Dr. Effendi Hasan, MA) (x, 55) pp, bibl.., app. ARMIA, 2019 ABSTRAK Salah satu catatan penting berkaitan dengan dinamika politik di kota Banda Aceh adalah Partisipasi politik masyarakat etnis Tionghoa meningkat pada Pilkada tahun 2012 sebesar 11% dibandingkan tahun- tahun pilkada sebelumnya, Keterlibatan etnis Tionghoa juga ditemukan dalam hal Partisipasi mereka secara idividu dalam memilih kepala daerah pada pilkada Aceh 2017 dan menjadi kekuatan politik penyumbang suara bagi calon walikota Banda Aceh sehingga berpengaruh terhadap kemenangan calon tersebut. Menurut data yang tertera pada website KPU (Pilkada 2017.kpu.go.id. 13 Mei 2017), bahwa pasangan Aminullah- Zainal memperoleh kemenangan suara sebanyak 877 di gampong Peunayong dibandingkan pasangan Illiza-Farid yang hanya memperoleh suara sebesar 88, dimana wilayah Gampong Peunayong tersebut 70% dihuni oleh etnis Tionghoa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami proses pertumbuhan politik identitas etnis Tionghoa Banda Aceh pada pilkada Aceh 2017 serta pengaruh dan kepentingan politik identitas etnis Tionghoa terhadap kemenangan Aminullah- Zainal pada pilkada 2017. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Kualitatif deskriptif. Semua data yang diperoleh melalui wawancara di lapangan dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan politik identitas etnis Tioghoa di Banda Aceh pada pilkada 2017 ditandai dengan adanya tingkat partisipasi etnis Tionghoa dan mobilisasi massa yang dilakukan oleh HAKKA untuk mendukung pasangan Aminullah- Zainal pada masa kampaye pemilihan walikota 2017. Hadirnya HAKKA membuat kesadaran politik etnis Tionghoa meningkat dalam memperjuangkan aspirasi Etnis Tionghoa, dalam mempengaruhi kebijakan yang akan dibuat oleh pemerintah melalui elit-elit politik. Kemudian Pengaruh dan kepentingan politik Identitas etnis Tionghoa terhadap pasangan Aminullah-Zainal tidak terlepas dari harapan supaya adanya peningkatan ekonomi di Banda Aceh dan perlindungan terhadap kehidupan sosial mereka di Banda Aceh. Kata Kunci : Etnis Tionghoa, Politik Identitas, Pilkada 2017, Aminullah- Zainal

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI POLITIK AMINULLAH USMAN DAN ZAINAL ARIFIN PADA PILKADA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2017 (Fanni Alfian, 2019)

POLITIK IDENTITAS ETNIS PADA PILKADA 2017 (STUDI KASUS TERHADAP KEMENANGAN IRWANDI-NOVA DI KECAMATAN BINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH) (Sabardi, 2019)

TINGKAT EFEKTIVITAS SOSIALISASI KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN KOTA BANDA ACEH DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH PERIODE 2017-2022 (STUDI PENELITIAN TERHADAP ETNIS TIONGHOA DI PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH) (Risfandy, 2017)

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK AMINULLAH USMAN DAN ZAINAL ARIFIN PADA MASA KAMPANYE PILKADA 2017 DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Aulia, 2017)

PERKEMBANGAN DAN INTERAKSI ETNIS TIONGHOA DI KOTA RNBLANGPIDIE (1900 – 2014) (sutri yunida, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy