//

KAJIAN TEKNIS SISTEM PENYALIRAN TAMBANG BATUBARA DI PIT ABC PT. MANGGALA USAHA MANUNGGAL,SITE PT. BANJARSARI PRIBUMI, DESA BANJARSARI, KABUPATEN LAHAT, PROVINSI SUMATERA SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Famela Naridha Mt - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sistem penambangan yang digunakan di Pit ABC PT. Manggala Usaha Manunggal, Site PT. Banjarsari Pribumi adalah tambang terbuka dengan metode Open Pit sehingga saat terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi daerah tambang tergenang air. Sumuran maupun saluran yang ada belum dapat menampung dan mengendalikan air yang masuk ke front penambangan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan dilakukan analisis debit air tambang terhadap kapasitas sumuran, dimensi saluran dan pompa. Selanjutnya dilakukan rekomendasi dimensi sumuran, dimensi saluran, serta pompa yang dibutuhkan untuk mengatasi debit air tambang. Pengolahan data curah hujan dan intensitas curah hujan menggunakan persamaan Gumbel dan Mononobe. Luas DTH Pit ABC adalah 0,71 km2 dengan debit air tambang 48.609,07 m3/hari. Pit ABC menggunakan 3 pompa dengan total debit aktual pompa sebesar 618 m3/jam. Alternatif pengendalian sistem penyaliran yang direkomendasikan adalah dengan menerapkan kombinasi mine drainage dan mine dewatering. Saluran terbuka DG dan HI sepanjang 434 m dan 629 m dapat memperkecil debit air limpasan yang masuk ke Pit ABC sebesar 6.517 m3/hari sehingga debit air tambang menjadi 42.092,25 m3/hari. Untuk mengeluarkan debit air tambang sebesar 42.092,25 m3 selama 1 hari dilakukan dengan pengendalian mine dewatering, yaitu perubahan RPM, optimalisasi jam operasi pompa menjadi 21 jam/hari, dan penambahan 1 pompa. Kata Kunci: mine drainage, mine dewatering, pompa, dan sumuran

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA PROSES PENAMBANGAN BATUBARA MENGGUNAKAN ALAT GALI MUAT KOMATSU PC 400 DAN ALAT ANGKUT HINO 500 FM 320 PD DI SITE MUARA TIGA BESAR SELATAN PT. BUKIT ASAM, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (Irfan Zuhdiansyah, 2017)

KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT GALI MUAT DAN ANGKUT PENAMBANGAN BATUBARA PT MIFA BERSAUDARA (T RYO ROSMANDA PARASAMIA, 2018)

PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA PROSES PENAMBANGAN BATUBARA MENGGUNAKAN ALAT GALI MUAT KOMATSU PC 400 DAN ALAT ANGKUT HINO 500 FM 320 PD DI SITE MUARA TIGA BESAR SELATAN PT. BUKIT ASAM, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (Irfan Zuhdiansyah, 2017)

KAJIAN TEKNIS SISTEM PENYALIRAN TAMBANG PADA PT MANGGALA USAHA MANUNGGAL SITE DUTA ALAM SUMATERA (DAS), DESA PAYO, KECAMATAN MERAPI BARAT, KABUPATEN LAHAT, SUMATERA SELATAN (Lala Barzanzia Harley, 2019)

ANALISIS KEMIRINGAN JALAN ANGKUT TANAH PENUTUP TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA PIT C PT. MANGGALA USAHA MANUNGGAL JOBSITE PT. BANJARSARI PRIBUMI, KABUPATEN LAHAT, SUMATERA SELATAN (Putra Rezeki, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy