//

TINJAUAN PENGGUNAAN SERBUK ARANG TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK LASTON LAPIS AUS (AC-WC)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang zulfikar - Personal Name
SubjectASPHALT CONCRETE
ASPHALT - BUILDING MATERIAL
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

TINJAUAN PENGGUNAAN SERBUK ARANG TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK LASTON LAPIS AUS (AC-WC) ABSTRAK Oleh : Nama : Zulfikar NIM : 0909200060057 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc Eng 2. Dr. Renni Anggraini, ST. M. Eng Potensi produksi tempurung kelapa yang besar, jika tidak dimanfaatkan secara optimal akan menjadi limbah sehingga akan mengganggu lingkungan. Ada usaha-usaha untuk memanfaatkan limbah ini, salah satu kemungkinan penanganannya adalah penggunaan tempurung kelapa sebagai filler untuk digunakan dalam campuran beton aspal. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik dan mengevaluasi kinerja campuran beton aspal lapis aus (AC-WC) dengan menggunakan serbuk arang tempurung kelapa sebagai filler. Serbuk arang tempurung kelapa diambil dari pasar tradisional dikota Banda Aceh, sedangkan material agregat kasar yang digunakan adalah batu pecah hasil dari mesin pemecah batu (Stone crusher) diproduksi oleh PT. Perapen Prima Mandiri berlokasi di Kecamatan Seulimum Kabupaten Aceh Besar dan sebagai bahan pengikat adalah jenis aspal Pen 60/70 diproduksi oleh PT. Pertamina. Penelitian dilakukan di laboratorium dengan pembuatan benda uji yang diuji dengan alat Marshall. Hasil penelitian diperoleh nilai stabilitas menggunakan filler 2% serbuk arang tempurung kelapa tambah 5% abu batu sebesar 374,53 kg. Nilai stabilitas menggunakan filler 1% serbuk arang tempurung kelapa tambah 1% abu sekam tambah 5% abu batu sebesar 1245,62 kg. Nilai stabilitas menggunakan filler 1% serbuk arang tempurung kelapa tambah 1% semen portland tambah 5% abu batu sebesar 1350,83 kg dan nilai stabilitas menggunakan filler 0% serbuk arang tempurung kelapa tambah 1% abu sekam tambah 1% semen portland tambah 5% abu batu sebesar 1098,34 kg. Dari empat campuran yang memenuhi syarat untuk campuran beton aspal AC-WC adalah campuran yang menggunakan 1% serbuk arang tempurung kelapa tambah 1% abu sekam tambah 5% abu batu dengan nilai stabilitas sebesar 1245,62 kg dan nilai stabilitas rendaman diperoleh sebesar 90,29% nilai tersebut menunjukkan kemampuan beton aspal menahan pengaruh air, suhu dan cuaca memenuhi persyaratan dari anonim 2010 dengan nilai persyaratan adalah minimal 90% dan nilai stabilitas menunjukkan campuran memenuhi persyaratan dari anonim 2010 yakni sebesar > 800 kg. Kata kunci; Agregat halus, Beton aspal Lapis Aus (AC-WC), Serbuk Arang Tempurung Kelapa, Abu sekam, PC

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KINERJA ASPAL BETON DENGAN SUBSTITUSI OLI BEKAS KENDARAAN PADA ASPAL DAN SERBUK ARANG SEBAGAI FILLER TERHADAP NILAI DURABILITAS (JONI PUTRA, 2019)

STUDI KARAKTERISTIK CAMPURAN BETON ASPAL AC-WC DENGAN MENGGUNAKAN FILLLER SERBUK ARANG TEMPURUNG KELAPA (JUNI SAHLIANTO, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN BAN BEKAS DAN FILLER KOMBINASI TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL CAMPURAN LASTON LAPIS ANTARA (AC-BC) (Nanda Fitria, 2017)

KARAKTERISTIK CAMPURAN BETON ASPAL MENGGUNAKAN PLASTIK PVC DAN SERBUK TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI FILLER (Cut Srimona, 2021)

PENGARUH SUBSTITUSI BAN KARET BEKAS TERHADAP STABILITAS CAMPURAN ASPAL BETON AC-BC DENGAN FILLER SERBUK ARANG TEMPURUNG KELAPA (CUT KHAIRANI D.E, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy