MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH


Pengarang

RAHMAYENI TANJUNG - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506104210035

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Tanjung, Rahmayeni. 2019. Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak melalui
Bermain Peran di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dr. Anizar Ahmad, M. Pd (2) Rahmi, S. Pd.I., M. Ed
Kata Kunci: Rasa Percaya Diri, Bermain Peran, Anak Usia Dini
Penelitian yang berjudul “Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak melalui Bermain
Peran di TK IT Mon Kuta Banda Aceh” ini mengangkat masalah bagaimana
mengembangkan rasa percaya diri anak melalui bermain peran di TK IT Mon Kuta
Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rasa percaya diri anak
melalui bermain peran di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini
adalah anak kelas B1 TK IT Mon Kuta Banda Aceh tahun pelajaran 2018/2019 yang
berjumlah 10 orang, terdiri dari 7 orang anak perempuan dan 3 orang anak laki-laki.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, dalam setiap siklus mencakup perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi
melalui kegiatan bermain peran upacara bendera dan bermain peran sebagai burung
Garuda yang sedang terbang dan bermain peran guru yang sedang mengajarkan
muridnya tentang burung Garuda sebagai lambang negara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terjadinya pengembangan rasa percaya diri anak, dimana anak
yang mencapai Berkembang Sangat Baik (BSB) pada indikator kemampuan anak
untuk tetap tenang saat memainkan peran, kemampuan anak dalam mengungkapkan
ide yang ada dalam pikirannya, dan kemampuan anak untuk bertanggung jawab
terhadap peran yang dimainkan sudah mencapai 80-90%. Kesimpulan dari hasil
penelitian ini adalah perkembangan rasa percaya diri anak dapat berkembang melalui
kegiatan bermain peran. Disarankan metode pembelajaran main peran dapat
diterapkan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sehingga anak dapat lebih percaya
diri dalam proses pembelajaran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK