FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN WISATAWAN RNKE KOTA SABANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN WISATAWAN RNKE KOTA SABANG


Pengarang

MAWARDI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1009200010086

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

338.479 1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN WISATAWAN
KE KOTA SABANG


Oleh : Mawardi

NIM : 1009200010086

Pembimbing :

1. Prof. Dr. Mohd. Nur Syechalad
2. Dr. Sofyan Syahnur, M.Si

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Inflasi dan pendapatan perkapita terhadap kunjungan wisatawan nusantara ke Kota Sabang dan untuk mengetahui pengaruh nilai kurs dan acara tahunan pariwisata terhadap kunjungan wisatawan mancanegara ke Kota Sabang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan metode dan alat analisis antara lain: Regresi Linier Berganda. Data yang digunakan dalam bentuk data sekunder yang di dapat dari BPS, Bank Indonesia dan Bappeda kota Sabang.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa inflasi dan pendapatan perkapita berpengaruh positif terhadap jumlah wisatawan nusantara ke Kota Sabang, namun secara statistik tidak signifikan. Dan untuk analisis data terhadap jumlah wisatawan mancanegara ke Kota sabang menunjukkan bahwa tingkat kurs dan jumlah acara tahunan di Kota Sabang berpengaruh positif terhadap jumlah wisatawan mancanegara ke Kota Sabang dan secara statistik signifikan.
Kota Sabang harus memanfaatkan potensi yang menjadi primadona di daerah tersebut agar terjadi menjadi lebih terspesialisasi untuk memperkuat perekonomian Kota Sabang.
Untuk pemerintah daerah kota Sabang harus mampu memanfaatkan potensi yang menjadi primadona di daerah tersebut agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Sabang. Dari hasil penelitian ini diharapkan juga agar dapat dijadikan indikator ekonomi awal bagi Pemerintah Daerah Kota Sabang untuk melakukan survei ekonomi yang dapat memberikan gambaran komprehensif bagi Pemko Sabang. Serta bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menambahkan model-model penelitian terbaru sehingga ke depan di dapat gambaran yang lengkap.

Kata Kunci : Wisatawan, inflasi, pendapatan perkapita, kurs, acara tahunan.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK