//

EFEKTIVITAS TEKNIK PSIKODRAMA DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 9 TAKENGON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulia Sinta - Personal Name
SubjectCOUNSELING - EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Teknik Psikodrama, Rasa Percaya Diri Rasa percaya diri merupakan keyakinan seseorang terhadap dirinya sendiri, yang di tunjukkan dengan mampu bersosialisasi, memiliki sikap positif serta dapat memanfaatkan kelebihan secara mental dan fisik, namun dewasa ini banyak ditemui remaja yang menunjukkan kurang percaya diri. Banyak tindakan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri, salah satunya melalui teknik psikodrama. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana efektivitas teknik psikodrama dalam meningkatkan rasa percaya diri pada siswa SMPN 9 Takengon. Yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik psikodrama sebelum dan sesudah di berikan perlakuan psikodrama. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII (delapan) SMP Negeri 9 Takengon tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 14 siswa yang mengalami kurang percaya diri, sampel ditetapkan sebanyak 7 siswa melalui purposive sampling. Metode yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperiment menggunakan pola one group design (pretes dan posttest). Eksperimen dilakukan selama 10 kali pertemuan, tiap pertemuan 25-30 menit. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik uji wilcoxon melalui program SPSS 20. Nilai signifikansi p-value= (0,05). Hasil analisis pada kelompok menunjukkan p value < α (0,014 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan dan perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan psikodrama.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS TEKNIK KONSELING SELF MODELING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN(SUATU PENELITIAN DI PANTI ASUHAN NIRMALA KOTA BANDA ACEH) (MARWAH ZAKIYATI, 2014)

UPAYA GURU BK DALAM MEMBENTUK RASA PERCAYA DIRI (SELF CONFIDENCE) PADA SISWA (SUATU PENELITIAN PADA GURU BK DAN SISWA DI SMP NEGERI BANDA ACEH) (Iin Faryani, 2016)

EFEKTIVITAS PENDEKATAN GESTALT DENGAN TEKNIK PARADOXICAL INTERVENTION UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA (Euis Mayangsari, 2018)

PENGGUNAAN METODE PSIKODRAMA DALAM MEMERANKAN ISI FABEL OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 INGIN JAYA ACEH BESAR (Rina Handayani, 2018)

MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE SHOW AND TELL DI TK IT MON KUTA LAMBHUK (HESTI WELA ARIKA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy