PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012


Pengarang

Siti Aisah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0706103060073

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Kooperatif Tipe NHT dan Kooperatif Tipe TPS

Banyak terapan model pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika, diantaranya Student Team Achievement Division (STAD), Number Heads Together (NHT) dan Think-Pair-Share (TPS) pada materi trigonometri di MAN Model Banda Aceh. Dalam penerapannya, masing-masing model tersebut mempunyai langkah-langkah yang berbeda. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kooperatif tipe NHT dan kooperatif tipe TPS pada materi trigonometri di kelas X MAN Model Banda Aceh? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kooperatif tipe NHT dan kooperatif tipe TPS pada materi trigonometri di kelas X MAN Model Banda Aceh. Adapun hipotesis penelitian ini ialah tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kooperatif tipe NHT dan kooperatif tipe TPS pada materi trigonometri di kelas X MAN Model Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Model Banda Aceh yang terdiri dari 9 kelas. Dari populasi tersebut diambil tiga kelas sebagai sampel dengan tingkat kemampuan yang relatif sama yaitu kelas X¬4, kelas X7 dan kelas X5. Kelas X4 adalah kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kelas X7 adalah kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas X5 adalah kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistik uji-F dengan taraf signifikan = 0,05. Dari hasil pengolahan data didapat dan = 3,10 atau . Berdasarkan kriteria pengujian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kooperatif tipe NHT serta model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi trigonometri di kelas X MAN Model Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK