//

PENGARUH STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MIA DI MAN 7 PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMATILLAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmatillah, 2019. Pengaruh Strategi Belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, dan review) Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI MIA di MAN 7 Pidie. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Dr. Husaini, M.A (2) Nurasiah, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Strategi Belajar PQ4R, Prestasi Belajar Penelitian yang berjudul “Pengaruh Strategi Belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, dan review) Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI MIA di MAN 7 Pidie” ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang timbul setelah dilaksanakan belajar dengan menggunakan strategi PQ4R khususnya prestasi belajar siswa. Adapun materi yang diajarakan adalah: Proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia (Portugis, Belanda, dan Inggris) Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eskperimen. Populasi dalam penelitian ini menggunakan sampling total yaitu teknik pengumpulan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampling total yang dimaksud adalah seluruh siswa kelas XI Mia1 dan Mia2 yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) secara homogenitas kedua kelas yang dijadikan sampel bersifat homogen. Hasil ini diketahui dari hasil uji hipotesis dengan hasil perhitungan Fhitung < Ftabel yakni 0,82 < 2,15. (2) untuk uji normalitas kelas eksperimen diperoleh X2hitung = 6.84 dan X2tabel = 16.9 dan uji normalitas kelas kontrol diperoleh X2hitung = 7.86 dan X2tabel = 16.9, maka dapat dikatakan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal (3) hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung = 1,81, sedangkan ttabel 1,68 pada taraf signifikan (α=0,05) dengan dk = 38 adalah 1,68 dengan kriteria Ha diterima Dengan penelitian ini menujukkan bahwa belajar dengan menggunakan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini diketahui dari nilai rata-rata siswa adalah 70,6, sementara pada kelas kontrol yang masih menggunakan metode konvensional atau ceramah nilai rata-rata siswa adalah 63.9. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar dengan menggunakan strategi P4QR menunjukkan hasil pembelajaran lebih baik. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh maka penulis menyarankan sebaiknya para guru di sekolah dapat menerapkan strategi PQ4R pada pembelajaran sejarah supaya prestasi belajar sejarah siswa lebih meningkat bila dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MIA DI MAN 7 PIDIE (RAHMATILLAH, 2019)

THE EFFECT OF USING PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) STRATEGY ON EFL STUDENTS’ READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT (AN EXPERIMENTAL STUDY AT SMP NEGERI 1 KARANG BARU, ACEH TAMIANG) (DWI EKA MARTINA, 2018)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (silvana novira lestari, 2016)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) DAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH (INDAH, 2021)

PENGARUH STRATEGI BELAJAR DELEGASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS MAN 5 PIDIE KECAMATAN DELIMA (Kartini, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy