PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KECAKAPAN HIDUP PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSS AL-WASHLIYAHRNLHOKSEUMAWE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KECAKAPAN HIDUP PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSS AL-WASHLIYAHRNLHOKSEUMAWE


Pengarang

Nellyati Pulungan - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200150078

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Nellyati Pulungan. Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kecakapan Hidup Pada Materi Ekosistem Di MTsS AL-Washliyah Lhokseumawe. Tesis. Pembimbing I. Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd., ,Pembimbing II. Dr. Samingan, M.Si.



ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem dengan penerapan pembelajaran kontekstual. (2) Kecakapan hidup personal siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.(3) Kecakapan hidup sosial siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.Penelitianinidilakukan di MTsS Al-Washliyah Lhokseumawedenganmenggunakanmetodekuasieksperimen.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVII semester genappadaTahunAjaran 2012/2013 yang berjumlah2kelasparalel yaitu kelas VII A dan kelas VII B.Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan secara acak. Pengambilan datapenguasaan konsep dilakukan melalui pretes dan postes, sedangkan data kecakapan hidup generik dilakukan melalui observasi pada saat pembelajaran. Data dianalisis dengan uji tmenggunakan program SPSS 16.0 for windows.Hasilpenenelitianmenunjukkanbahwa: (1) terdapatperbedaanpenguasaan konsepsiswa yang signifikan (P>0,05) antarasiswa yang dibelajarakandengan pembelajaran kontekstual denganpembelajarankonvensional,(2)terdapatperbedaanskor kecakapan hidup personal siswa yang signifikan (P>0,05) antarasiswa yang dibelajarkandengan pembelajaran kontekstual denganpembelajarankonvensional. (3) terdapat perbedaan skor kecakapan hidup sosial yang signifikan (P>0,05) antara siswa yang dibelajarkandengan pembelajaran kontekstual denganpembelajarankonvensional. Penerapan pembelajaran kontekstual memberikan dampak yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap parameter yang diamati.

Kata Kunci: Pembelajaran kontekstual, Penguasaan konsep, Kecakapan hidupsiswa, Ekosistem.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK