Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KECAKAPAN HIDUP PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSS AL-WASHLIYAHRNLHOKSEUMAWE
Pengarang
Nellyati Pulungan - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1109200150078
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Nellyati Pulungan. Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kecakapan Hidup Pada Materi Ekosistem Di MTsS AL-Washliyah Lhokseumawe. Tesis. Pembimbing I. Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd., ,Pembimbing II. Dr. Samingan, M.Si.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem dengan penerapan pembelajaran kontekstual. (2) Kecakapan hidup personal siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.(3) Kecakapan hidup sosial siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.Penelitianinidilakukan di MTsS Al-Washliyah Lhokseumawedenganmenggunakanmetodekuasieksperimen.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVII semester genappadaTahunAjaran 2012/2013 yang berjumlah2kelasparalel yaitu kelas VII A dan kelas VII B.Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan secara acak. Pengambilan datapenguasaan konsep dilakukan melalui pretes dan postes, sedangkan data kecakapan hidup generik dilakukan melalui observasi pada saat pembelajaran. Data dianalisis dengan uji tmenggunakan program SPSS 16.0 for windows.Hasilpenenelitianmenunjukkanbahwa: (1) terdapatperbedaanpenguasaan konsepsiswa yang signifikan (P>0,05) antarasiswa yang dibelajarakandengan pembelajaran kontekstual denganpembelajarankonvensional,(2)terdapatperbedaanskor kecakapan hidup personal siswa yang signifikan (P>0,05) antarasiswa yang dibelajarkandengan pembelajaran kontekstual denganpembelajarankonvensional. (3) terdapat perbedaan skor kecakapan hidup sosial yang signifikan (P>0,05) antara siswa yang dibelajarkandengan pembelajaran kontekstual denganpembelajarankonvensional. Penerapan pembelajaran kontekstual memberikan dampak yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap parameter yang diamati.
Kata Kunci: Pembelajaran kontekstual, Penguasaan konsep, Kecakapan hidupsiswa, Ekosistem.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHEIVEMENT DIVISIONS)UNTUK MENINGKAKTKAN HASIK BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMETAAN KONSEP SISWA PADA MATERI EKOSISTEM (ROSLIMAH, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN (RAHMI, 2014)
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP JAMUR (FUNGI) PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yuna Putri Berkah, 2016)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN PENERAPAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SAMADUA (ELVIA, 2019)