//

TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TERHADAP PENGGUNAAN KACAMATA DENGAN KELAINAN REFRAKSI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang REFIUL NIATY - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kesehatan mata merupakan salah satu syarat penting untuk menyerap berbagai informasi visual yang digunakan untuk melaksanakan berbagai kegiatan, namun gangguan terhadap penglihatan masih menjadi masalah kesehatan di dunia termasuk Indonesia. Salah satu gangguan terhadap penglihatan tersebut adalah kelainan refraksi. Kelainan refraksi merupakan penyakit mata dengan prevalensi yang tinggi. Kelainan refraksi dikenal dalam bentuk miopia, hipermetropia dan astigmatisme. Data WHO tahun 2006 menunjukkan bahwa 10% dari 66 juta anak usia sekolah di Indonesia mengalami kelainan refraksi dan angka pemakaian kacamata koreksi sampai saat ini masih rendah yaitu 12,5% dari kebutuhan. Kurangnya pengetahuan orangtua mengenai fungsi dan manfaat menggunakan kacamata pada anak kelainan refraksi membuat orangtua tidak segera melakukan koreksi pada mata anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan orang tua terhadap penggunaan kacamata dengan kelainan refraksi pada anak Sekolah Dasar. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 8 Desember sampai 17 Desember 2018. Teknik pengambilan sampel dengan metode probability sampling. Responden penelitian ini adalah 384 orang tua dari siswa SDN di Kecamatan Kota Sigli. Frekuensi pengetahuan orang tua adalah 169 kategori baik, 215 kategori cukup dan kategori kurang tidak ada. Presentase pengetahuan orang tua yaitu 44% kategori baik, 56% kategori cukup, dan kategori kurang tidak ada. Pengetahuan orang tua yang paling banyak yaitu kategori cukup. Kesimpulannya adalah pengetahuan orang tua terhadap penggunaan kacamata pada anak Sekolah Dasar dengan kelainan refraksi yaitu kategori cukup 56%, kategori baik 44% dan kategori kurang tidak ada. Kata kunci: Pengetahuan, orang tua, penggunaan kacamata pada anak

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANGTUA DENGAN PENGGUNAAN KACAMATA SEBAGAI KOREKSI PADA ANAK KELAINAN REFRAKSI DI MIN ULEE KARENG BANDA ACEH (Nurul Islami, 2017)

KARAKTERISTIK KELAINAN REFRAKSI ANAK USIA SEKOLAH DI POLI MATA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizki wahyuni, 2014)

HUBUNGAN KELAINAN REFRAKSI DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR SISWARNSEKOLAH DASAR NEGERIRN(SDN) 67 PERCONTOHANRNBANDA ACEH (Nichia Defira Al Rahim Lubis, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT TAJAM PENGLIHATAN DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DENGAN KELAINAN REFRAKSI BELUM DIKOREKSI DI POLI MATA RSUD MEURAXA BANDA ACEH (Rahayu Anita Permata Hadi, 2017)

GAMBARAN REFRAKSI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SYIAH KUALA (Cut Chairani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy