//

PENGARUH PERLAKUAN PULP KOPI DAN LAMA SEDUHAN TERHADAP MUTU CASCARA DAN SEDUHANNYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MOH SAHLAN P L - Personal Name
SubjectPECTINS - FOOD TECHNOLOGY
EXTRACTION (CHEMICAL ENGINEERING)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Abstrak : Kopi merupakan tanaman komoditas unggulan Indonesia. Kopi sebagai tanaman perkebunan sangat menarik bagi banyak negara berkembang seperti Indonesia. Pulp kopi mengandung sekitar 50% karbohidrat, 10% protein, 20% serat, 2,5% lemak serta kafein dan senyawa fenolik. Penelitian ini terdiri dari 6 perlakuan pulp kopi, 3 waktu lama seduhan dan 2 kali ulangan. Data yang diperoleh akan diolah menggunakan Rancangan Acak Lengkap dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Perlakuan P1 yaitu pulp difermentasi dalam karung 12 jam. P2 yaitu pulp direndam dalam air 12 jam. P3 yaitu pulp dibiarkan terbuka. P4 yaitu proses natural. P5 yaitu pulp hasil pengolahan wine kopi. P6 yaitu pulp dari limbah petani. Selanjutnya laa seduhan H1 (4 menit), H2 (6 menit) dan H3 (8 menit). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mempelajari pengaruh perlakuan pulp kopi dan lama penyeduhan terhadap karakteristik mutu cascara. Perlakuan terbaik dari uji organoleptik hedonik rasa pada seduhan cascara yaitu pada perlakuan difermentasi dalam karung 12 jam terhadap ketiga taraf penyeduhannya; derajat keasaman (pH) 4,98; total padatan terlarut 0,40 oBrix.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH TEKNIK PENGERINGAN DAN UKURAN PARTIKEL SERTA WAKTU PENYEDUHAN TEH KULIT KOPI (CASCARA) TERHADAP KANDUNGAN ZAT FITOKIMIANYA (IZZA AL NABILA, 2020)

PENGARUH TEKNIK PENGERINGAN, UKURAN PARTIKEL, DAN SUHU PENYAJIAN TEH KULIT KOPI (CASCARA) TERHADAP MUTU SENSORI SEDUHAN CASCARA (NURUL RAHMAH, 2020)

KARAKTERISTIK MUTU SEDUHAN TEH CELUP CASCARA DENGAN PENAMBAHAN BUBUK KAYU MANIS (CINNAMOMUM BURMANII) (Safira Rahimah, 2021)

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN KANDUNGAN TOTAL KAFEIN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA L) GAYO PADA BEBERAPA WAKTU TUNDA PULPING (Maulidiya Izzati, 2016)

PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH PULP KOPI DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP MUTU BOKASI (Donny Heansyah Putra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy