PENGEMBANGAN MEDIA BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN MEDIA BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS


Pengarang

Juanda BJ - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200160032

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Integrasi teknologi informasi dalam pembelajaran matematika masih belum seperti yang diharapkan dimana kesulitan dalam mengekspresikan matematika melalui teknologi informasi masih tergolong tidak praktis. Perlu upaya membantu guru matematika melalui penyediaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang dapat mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran matematika yang ideal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media blended learning untuk memaksimalkan proses pembelajaran matematika. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media blended learning pada pembelajaran matematika dengan fasilitas yang menjadikannya mampun menerima input beragam simbol-simbol matematika serta bentuk formula matematika yang kompleks yang dibangun menggunakan basis moodle yang valid dan praktis. Penelitian ini menjalankan jenis penelitian model Plomp dengan tiga tahapan yaitu tahap pengkajian awal (preliminary research), tahap perancangan (prototyping phase), dan tahap penilaian (assesmment phase). Subjek ujicoba yaitu guru matematika dan peserta didik kelas XII MAN Model Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan validitas media blended learning pada pembelajaran matematika telah memenuhi kriteria valid san praktis. Validitas media blended learning yang dikembangkan diperoleh melalui rekomendasi praktisi dan ahli sedangkan kepraktisan media blended learning diperoleh melalui ujicoba yang dilaksanakan oleh guru model. Implikasi dari kajian ini yaitu media blended learning pada pembelajaran matematika yang dikembangkan, telah memenuhi kriteria valid dan praktis dapat diukur kriteria efektifitasnya sehingga dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika di kelas.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK