//

DETEKSI BUBUK KOPI LUWAK MURNI DAN BUBUK KOPI LUWAK CAMPURAN DENGAN TEKNOLOGI HIDUNG ELEKTRONIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUBARAK HULDA - Personal Name
SubjectCOFFEE
AGRICULTURAL PRODUCTS-ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Kopi luwak merupakan kopi yang berasal dari hasil konsumsi hewan luwak (musang) yang telah mengalami fermentasi di dalam pencernaan luwak selam 12 jam. Kopi luwak merupakan komoditi yang sangat diminati dan bernilai jual tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk membedakan bubuk kopi luwak murni dan bubuk kopi luwak campuran dengan memanfaatkan instrumen berbasis teknologi hidung elektronik (electronic nose). Penelitian ini menggunakan bubuk kopi luwak murni dan bubuk kopi arabika yang dicampurkan dengan perbandingan (50:50, 60:40. 70:30, 80:20 dan 90:10). Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 10 sampel. Pengukuran intensitas sinyal aroma bubuk kopi menggunakan sensor piezoelectric tranducers. Klasifikasi data spektrum bubuk kopi menggunakan metode Principal Component Analysis (PCA) dengan pretreatment nya adalah Gap Reduction. Hasil penelitian ini diperoleh yaitu: Hidung elektronik mulai merespon aroma bubuk kopi pada detik ke-5.64, dan dapat mengklasifikasikan bubuk kopi pada detik ke 11.09. Hidung elektronik yang dikombinasikan dengan metode principal component analysis (PCA) telah berhasil mendeteksi bubuk kopi luwak murni dan bubuk kopi luwak campuran dengan tingkat keberhasilan sebesar 100% (PC-1 sebesar 100% dan PC-2 sebesar 0%).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEUNTUNGAN DAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN BUBUK KOPI LUWAK STUDI KASUS PT. BENARA COFFEE GAYO DESA PANTAN MUSARA KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH (Azhar, 2021)

ADOPSI DIFUSI INOVASI KOPI LUWAK DI KECAMATAN SILIH NARA KABUPATEN ACEH TENGAH ADOPSI DIFUSI INOVASI KOPI LUWAK DI KECAMATAN SILIH NARA KABUPATEN ACEH TENGAH ADOPSI DIFUSI INOVASI KOPI LUWAK DI KECAMATAN SILIH NARA KABUPATEN ACEH TENGAH ADOPSI DIFUSI INOVASI KOPI LUWAK DI KECAMATAN SILIH NARA KABUPATEN ACEH TENGAH ADOPSI DIFUSI INOVASI KOPI LUWAK DI KECAMATAN SILIH NARA KABUPATEN ACEH TENGAH ADOPSI DIFUSI INOVASI KOPI LUWAK DI KECAMATAN SILIH NARA KABUPATEN ACEH TENGAH (agustina, 2013)

FERMENTASI KOPI ROBUSTA (COFFEA CANNEPHORA) MENGGUNAKAN INOKULUM DARI FESES HEWAN LUWAK (PARADOXURUS HERMAPHODITUS) (Rizki Mahyudi, 2020)

PENGARUH PENGGUNAAN KOMPOS LIMBAH KOPI DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG DAYAK (ELEUTHERINE PALMIFOLIA MERR) (Elwanda Farisz Ammar, 2020)

PENGARUH KOMPOS LIMBAH BUBUK KOPI DAN GIBERELIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PEMBUNGAAN TANAMAN MAWAR (FERI AFFRIADI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy