//

KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meri Muliana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Muliana, Meri. 2019. Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Kubus dan Balok Di Kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Linda Vitoria, S.Si., M.Sc (2) Drs. Fauzi M.Pd Kata Kunci: Kesulitan peserta didik, soal, kubus dan balok. Matematika merupakan pelajaran yang sulit bagi peserta didik khususnya pada materi kubus dan balok. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah peserta didik kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi kubus dan balok dan kesulitan apa saja yang dialami peserta didik kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh dalam menyelesaikan soal matematika pada materi kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peserta didik kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi kubus dan balok dan untuk mendeskripsikan kesulitan apa saja yang dialami peserta didik kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh dalam menyelesaikan soal matematika pada materi kubus dan balok. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh yang berjumlah 31 peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan tes dan wawancara. Teknik analisis data dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan Verification (penarikan kesimpulan). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan 20 dari 31 peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi kubus dan balok di SD Negeri 26 Banda Aceh. Sedangkan 11 dari 31 peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi kubus dan balok di kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh. Dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal kubus dan balok. Terdapat 4 jenis kesulitan yang dialami peserta didik yaitu kurang pemahaman soal, tidak menguasai rumus, penggunaan proses yang keliru dan perhitungan. Supaya dapat memperkecil peluang kesulitan belajar peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika diharapkan kepada guru dan orang tua agar dapat memotivasi peserta didik sehingga minat untuk belajar dalam bidang matematika meningkat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS V SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Nurul Fizziah, 2019)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA CAEH (Annisa Mustika, 2016)

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DI KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH (DELISMA SIREGAR, 2019)

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH. (Ismi anti, 2016)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy