//

MENGEMBANGKAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI TK HARAPAN BANGSA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI LEVIANA - Personal Name
SubjectCHILD DEVELOPMENT
PHYSIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Leviana, Putri. 2019. Mengembangkan Sosial Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Sentra. Di TK Harapan Bangsa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1)Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2)Saptiani, M.Pd. I Kata Kunci: Sosial, Pembelajaran Sentra, Anak Usia Dini Masalah pada TK Harapan Bangsa, anak masih banyak yang berprilaku tidak sesuai tingkat usia mereka. Hal ini nampak jelas pada kegiatan pembelajaran berlangsung yang dilaksanakan secara kelompok. Seharusnya pada usia 5-6 tahun anak sudah mampu dalam bermain dengan teman sebaya, berbagi, serta menghargai hak dan pendapat orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial anak dalam kegiatan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan motode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 2 siklus, dalam setiap siklusnya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitan ini adalah anak kelas B yang berjumlah 10 anak, yang terdiri 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan unjuk kerja yang dilakukan melalui model pembelajaran sentra tepatnya dipijakan saat bermain anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan dalam perkembangan sosial anak, pada siklus I anak yang mendapat kriteria berkembang sesuai harapan 2 anak dan pada siklus II diperoleh kriteria berkembang sesuai harapan 2 anak dan terdapat bekembang sangat baik 7 anak. Kesimpulannya dari hasil penelitian ini adalah, perkembangan sosial anak usia dini dapat meningkat melalui model pembelajaran sentra di TK Harapan Bangsa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN MODEL SENTRA DAN LINGKARAN DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (MUTIAWATI, 2020)

MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TK BUNGA BANGSA (Nova Novita, 2018)

PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI SENTRA BAHAN ALAM PADA PAUD TERPADU DHARMA WANITA KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR (Dewi Yunisari, 2016)

PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL KELAMBEK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK BELEGEN MULIA KOTA SUBULUSSALAM (Devi Nirmala, 2021)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MELUKIS DI PAUD MY DREAM SCHOOL BANDA ACEH (Fauziah Nur, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy