//

IMUNOLOKALISASI DAN EKSPRESI RESEPTOR ESTROGEN ALPHA (ERα) DAN PROGESTERON A (PR-A) PADA OVIDUCT SAPI ACEH REPEAT BREEDING DAN NON REPEAT BREEDING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Akbar Siagian - Personal Name
SubjectCATTLE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

IMUNOLOKALISASI DAN EKSPRESI RESEPTOR ESTROGEN ALPHA (ERα) DAN PROGESTERON A (PR-A) PADA OVIDUCT SAPI ACEH REPEAT BREEDING DAN NON REPEAT BREEDING ABSTRAK Repeat breeding adalah suatu kondisi pada sapi betina yang memiliki siklus estrus normal namun tidak berhasil bunting walaupun telah dikawinkan lebih dari tiga kali dengan pejantan fertil. Penelitian ini bertujuan mengamati dan mengidentifikasi sebaran reseptor estrogen alpha (ERα) dan progesteron A (PR-A) pada oviduct sapi aceh yang mengalami repeat breeding (RB) dan fertil (non RB) secara imunohistokimia. Sampel yang digunakan adalah oviduct sapi aceh RB (n=3) dan non RB (n=3). Seluruh sampel diproses menjadi preparat histologis dan dilakukan pewarnaan dengan metode imunohistokimia (IHK) untuk melokalisasi keberadaan reseptor ERα dan PR-A pada jaringan oviduct kedua kelompok sapi aceh tersebut. Hasil pengamatan dianalisis dengan metode skoring intensitas (intensity score) terhadap ekspresi ERα dan PR-A, sedangkan untuk mengetahui perbedaan ekspresi ERα dan PR-A pada oviduct sapi aceh RB dan non RB dianalisis dengan Uji Mann Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ERα pada oviduct sapi aceh RB dan non RB terekspresi kuat pada lamina epitelia (skor 3), lamina propria (skor 3) dan intensitas sedang pada lapisan muskularis (skor 2). sedangkan sebaran reseptor PR-A ditemukan ekspresi lemah pada lamina epitelia (skor 1), intensitas sedang pada lamina propria (skor 2) dan intensitas lemah lapisan musukularis (skor 1) oviduct sapi aceh RB. Pada oviduct sapi aceh non RB, reseptor PR-A hanya terekspresi di lamina epithelial dan lamina propria dengan intensitas lemah (skor 1). Berdasarkan uji statistik, tidak ada perbedaan ekspresi reseptor ERα dan PR-A pada lamina epitelia, lamina propria, dan lapisan muskularis oviduct sapi aceh RB dan non RB (P>0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah ekspresi ERα dan PR-A dapat dideteksi pada jaringan oviduct sapi aceh RB dan non RB secara imunohistokimia, namun ekspresi kedua reseptor tersebut tidak berbeda. Kata kunci: Oviduct, reseptor estrogen alpha (ERα), reseptor progesteron A (PR-A), repeat breeding, sapi aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DISTRIBUSI RESEPTOR ESTROGEN ALPHA (ER-α) DAN RESEPTOR PROGESTERON A (PR-A) PADA OVARIUM SAPI ACEH REPEAT BREEDING DAN NON REPEAT BREEDING SECARA IMUNOHISTOKIMIA (AZZAHRATUL HUMAIRA, 2019)

DETEKSI RESEPTOR ESTROGEN α (ERα) DAN PROGESTERON A (PR-A) PADA CORNUA UTERUS SAPI ACEH YANG MENGALAMI REPEAT BREEDING SECARA IMMUNOHISTOKIMIA (Lidra Andrean, 2019)

GAMBARAN PATOLOGI ANATOMIS DAN HISTOPATOLOGIS KORNUA UTERI SAPI ACEH YANG MENGALAMI REPEAT BREEDING (Mirranda Fallatanza, 2018)

KINERJA BERAHI PADA SAPI ACEH YANG MENGALAMI KAWIN BERULANG (Raihatul Jannah, 2017)

PERBANDINGAN KONSENTRASI INTERFERON-TAU PADA SAPI ACEH REPEAT BREEDING BUNTING DAN REPEAT BREEDING GAGAL BUNTING (Widia Fitri, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy