//

NILAI EKSPOR KOPRA DI INDONESIA SEBELUM KRISIS DAN SETELAH KRISIS : PENGARUH PENDAPATAN LUAR NEGERI DAN HARGA LUAR NEGERI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HERI MULYADI - Personal Name
SubjectINTERNATIONAL TRADE
EKSPORT TRADE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai ekspor kopra di Indonesia sebelum krisis dan setelah krisis : Pengaruh pendapatan luar negeri dan harga luar negeri. Data yang digunakan adalah seri waktu tahunan pendapatan luar negeri dan harga kopra luar negeri yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Perkebunan, Federal Reserve Economic Data, World Bank serta, Kementrian Perdagangan Indonesia. Periode waktu yang dicakup adalah 1980-2016. Metode Ordinary Least Squares (OLS) digunakan untuk mengestimasi nilai ekspor kopra dengan menambah variabel dummy dengan nilai nol untuk periode sebelum krisis 1998 dan satu untuk periode 1998-2016. Pemilihan metode OLS ini didasarkan pada uji stasionaritas di mana ditemukan semua variabel terkointegrasi pada level. Hasil analisis menunjukkan bahwa hanya pendapatan luar negeri dan dummy krisis yang mempengaruhi nilai ekspor kopra Indonesia. Ketika sampel dibagi dua, ditemukan bahwa untuk periode sebelum krisis pendapatan dan harga luar negeri tidak berpengaruh signifikan. Untuk periode setelah krisis hanya pendapatan luar negeri yang mempengaruhi nilai ekspor kopra Indonesia. Implikasi dari temuan ini adalah Indonesia dapat menargetkan ekspor kopra yang lebih besar ke negara-negara tujuan ekspor yang pertumbuhan ekonominya relatively tinggi. Kata kunci : Pendapatan luar negeri, harga kopra luar negeri, krisis ekonomi, nilai ekspor kopra

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KAUSALITAS ANTARA EKSPOR, INFLASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA: BUKTI EMPIRIS SEBELUM DAN SETELAH KRISIS KEUANGAN ASIA 1997 (SONYA LUKMAN, 2016)

PENGARUH KURS DOLLAR, HARGA LUAR NEGERI DAN VOLUME EKSPOR TERHADAP FLUKTUASI NILAI EKSPOR PINANG DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Mairiani, 2020)

ANALISIS UTANG LUAR NEGERI INDONESIA (SANDY TYAS, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR MINYAK KELAPA SAWIT INDONESIA (Sawitriadi, 2021)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEIMBANGAN NERACA PEMBAYARAN INDONESIA (SAID DANI HIDAYAT, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy