//

KAITAN NILAI AWAL SISWA TERHADAP PILIHAN MATA PELAJARAN FISIKA UJIAN NASIONAL PADA SMA NEGERI DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NIA KURNIA DEVY - Personal Name
SubjectFACTOR ANALYSIS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Devy, Nia Kurnia. 2019. Kaitan Nilai Awal Siswa Terhadap Pilihan Mata Pelajaran Fisika Ujian Nasional pada SMAN di Banda Aceh.Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Ahmad Farhan, M.Si., (2) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd Kata kunci : kaitan nilai awal, ujian nasional, mata pelajaran fisika, korelasi biserial Kemendikbud memberikan perubahan signifikan dalam penyelenggaraan ujian nasional (UN) dalam Surat Edaran No.0204/H/EP/2017; dengan diperbolehkannya siswa memilih mata pelajaran yang diujiankan. Pada ujian nasional tahun 2018, aturan tersebut masih berlaku. Penelitian ini mengkaji masalah apakah terdapat kaitan antara nilai awal siswa dengan pilihan mata pelajaran fisika pada ujian nasional 2018, dan faktor apa saja yang menyebabkan siswa tidak memilih mata pelajaran fisika pada ujian nasional 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN di Banda Aceh tahun ajaran 2017/2018 secara random sampling sebanyak 51 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi dan angket (kuesioner). Analisis data menggunakan persamaan korelasi biserial, dan skala likert. Hasil analisis didapatkan koefisien korelasi biserial(rb) = 0,121452. Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi termasuk korelasi yang sangat lemah sehingga dapat dianggap tidak ada korelasi, kemudian dilanjutkan dengan angket (kuesioner) didapatkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa tidak memilih mata pelajaran fisika di ujian nasional, berdasarkan tabel interpretasi skor skala likert menyatakan faktor pengaruh keluarga adalah yang paling dominan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada kaitan antara nilai awal siswa dengan pilihan mata pelajaran fisika di ujian nasional 2018, dan terdapat faktor lain yang menyebabkan siswa tidak memilih mata pelajaran fisika di ujian nasional 2018.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KORELASI NILAI UJIAN AKHIR SEKOLAH DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA KELAS XII-IA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (fitri yunita, 2014)

PENGARUH NILAI AWAL TERHADAP PILIHAN MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK UN TAHUN 2017 DI SMAN 9 BANDA ACEH (Elfina, 2018)

TINGKAT PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN FISIKA PADA UJIANNASIONAL (UN) TAHUN 2009/2010 SISWA SMA NEGERI 1 TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE (Rosmi Melati, 2016)

HUBUNGAN NILAI UJIAN SEMESTER DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA SD NEGERI 1 TEUBENG KABUPATEN PIDIE (HERLIZA, 2013)

HUBUNGAN UJIAN SEKOLAH DAN TRY OUT TERHADAP PENCAPAIAN NILAI UJIAN NASIONAL PELAJARAN MATEMATIKA DI SMAN 7 BANDA ACEH TAHUN 2018/2019 (Zulfahmi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy