//

HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIRA ZAHARA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zahara, Mira. 2019. Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar Geografi di Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 12 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Alamsyah Taher, M.Si (2) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si Kata Kunci: hubungan, pemanfaatan sumber belajar geografi, minat baca, hasil belajar, geografi Pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan adalah menggunakan segala sesuatu yang terdapat di perpustakaan untuk memperoleh informasi dalam mempelajari mata pelajaran geografi. Minat baca merupakan kecenderungan jiwa yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan membaca. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan sekolah dan minat baca dengan hasil belajar siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 12 Banda Aceh. pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Banda Aceh yang berjumlah 77 siswa dan diambil sampel sebanyak 44 siswa dengan menggunakan teknik random sampling dari Kelas XI IPS 1 , XI IPS 2 dan XI IPS 3 SMAN 12 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan hubungan pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan sekolah dan minat baca dengan hasil belajar siswa Kelas XI IPS pada kategori kuat. Hasil analisis regresi ganda diperoleh Y = 16,65 + 0,28 X1 + 0,53 X 2 dan koefisien korelasi ganda sebesar 0,61 yang artinya terdapat hubungan yang kuat, dengan koefisien determinasi berganda (KP) = 37,21%. Uji hipotesis menunjukkan bahwa lebih besar dari atau 12,14 > 3,23 yang berarti H a diterima. Simpulannya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan sekolah dan minat baca dengan hasil belajar siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 12 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (Sabariah, 2021)

MINAT BACA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Cut Dara Nastianti, 2014)

PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VSD NEGERI 69 BANDA ACEH (Elly Armanusah, 2017)

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 46 KOTA BANDA ACEH (Julia Saputri, 2018)

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Mardiana, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy