//

IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 67 PERCONTOHAN KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRFAN JULIANDY - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Juliandy, Irfan. 2019. Implementasi Karakter Disiplin peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 67 Percontohan Kota Banda Aceh, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah kuala. Pembimbing : (1) Drs. Soedirman Z, M.Pd (2) Dr. Israwati, M.Si Kata Kunci : Implementasi, Karakter, Disiplin, Peserta Didik. Penelitian ini berjudul “Implementasi Karakter Disiplin peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 67 Percontohan Kota Banda Aceh”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah Implementasi Karakter Disiplin peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 67 Percontohan Kota Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Implementasi Karakter Disiplin peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 67 Percontohan Kota Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. subjek penelitian yang dijadikan informan dalam penelitian ini adalah 2 guru, 1 kepala sekolah, dan 8 peserta didik pada kelas IV-A dan IV-B. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi pada Kelas IV-A dan IV-B adalah mengenai Nilai disiplin yang terlihat selama penelitian antara lain peserta didik dan guru sudah disiplin dalam disiplin waktu dan menaati peraturan. Meskipun masih ada sebagian kecil peserta didik yang tidak disiplin waktu atau tidak menaati peraturan. Sedangkan disiplin sikap, mereka menunjukkan sikap yang baik yang ditunjukkan peserta didik ialah tidak mudah tersinggung atau marah, dan mendengarkan nasehat dari guru. Simpulan dari penelitian ini yaitu guru senantiasa memberikan bimbingan, dan arahan untuk bersikap disiplin dalam mematuhi aturan dan tata tertib yang telah dibuat, disiplin waktu dan disiplin sikap baik didalam proses pembelajaran maupun diluar. guru juga menkondisikan peserta didik dengan cara memberikan contoh teladan bagi peserta didik, seperti guru harus lebih awal datang kesekolah dari pada peserta didik datang, tepat waktu dalam mengajar, teladan dalam berpakaian dan juga cara bersikap serta bertutur kata yang sopan sehingga peserta didik dapat mencontoh perilaku yang dilakukan oleh guru.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH (YURITA SARTIKA, 2019)

KENDALA GURU DALAM PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR DI SD NEGERI 53 BANDA ACEH (Nyak Indra, 2021)

KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 46 BANDA ACEH (PUTRI DINDA SARI. DS, 2019)

KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PPKN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (MAGHFIRAH, 2019)

MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIRNDI SEKOLAH DASAR NEGERI 32 KOTA BANDA ACEH (Ery Wati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy