//

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DALAM MENUMBUHKAN SIKAP CINTA TANAH AIR DI SD NEGERI 1 JAGONG KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IKA NURDHANI RILANTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ika Nurdhani Rilanti. 2019. Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan dalam Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air di SD Negeri 1 Jagong Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Awaluddin, M.Pd (2) Drs. Said Darnius, M.Si Kata Kunci :Ekstrakurikuler Kepramukaan, Sikap Cinta Tanah Air Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SD Negeri 1 Jagong Kabupaten Aceh Tengah masih terdapat masalah dalam hal sikap cinta tanah air, kurangnya kesadaran siswa dalam menjaga lingkungan. Penelitian ini mengangkat masalah“bagaimana kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air di SD Negeri 1 Jagong Kabupaten Aceh Tengah”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air di SD Negeri 1 Jagong Kabupaten Aceh Tengah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian desktriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari 28 siswa kelas IV dan siswa kelas V serta 2 orang pembina pramuka di SD Negeri 1 Jagong Kabupaten Aceh Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan tahap reduksi data, data display (Penyajian Data) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air ada tiga kegiatan berupa kegiatan bergotong royong, kegiatan berkemah dan kegiatan menjelajah. Dalam kegiatan bergotong royong siswa diajarkan untuk bersikap saling membantu teman untuk bersama-sama membersihkan lingkungan, sedangkan dalam kegiatan berkemah siswa diwajibkan menjaga kebersihan saat melakukan kegiatan perkemahan serta dalam kegiatan menjelajah, siswa diwajibkan untuk selalu menjaga alam agar tidak rusak. Dapat disimpulkan bahwa dengan membiasakan untuk menjaga lingkungan sekitar maupun lingkungan alam agar selalu bersih dalam kegiatan bergotong royong, kegiatan berkemah dan kegiatan menjelajah sikap yang didapat oleh siswa merupakan sikap cinta tanah air terhadap lingkungan. Agar siswa dapat memaksimalkan sikap cinta tanah air hendaknya siswa dibantu oleh pembina pramuka untuk melatih diri dalam kegiatan –kegitan kepramukaan sehingga kegiatan yang dilakukan memberikan dampak positif bagi siswa terutama dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DI SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR (SUCI ASTAFRINA, 2019)

PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH (MIFTAHUL JANNAH, 2018)

PERANAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBINA SIKAP NASIONALISME PADA GUGUS MELATI BANDA ACEH (Natalia Naingggolan, 2016)

PELAKSANAAN KEGIATAN EXTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI 1 BANDA ACEH (EVA DIANA, 2019)

UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Irmayanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy