//

SIMULASI FILTER AKTIF CASCADED MULTILEVEL INVERTER UNTUK MEMINIMALISIR HARMONISA PADA MOTOR INDUKSI 3 FASA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Mouliza Meutia Vasya - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penggunaan peralatan beban non-linear sudah banyak digunakan baik dalam industri maupun rumah tangga. Pada bidang industri sangat sering menggunakan motor induksi yang merupakan beban non-linear. Dalam pengoperasian beban non-linear dapat menimbulkan permasalahan dalam sistem kelistrikan yaitu menghasilkan harmonisa yang dapat mengganggu kualitas daya. Harmonisa merupakan suatu permasalahan berupa distorsi gelombang yang kini menjadi perhatian karena memiliki dampak yang merugikan sistem tenaga listrik. Salah satu solusi untuk meminimalisir tingkat distorsi harmonisa ini yaitu dengan dilakukannya pemasangan filter aktif shunt cascaded multilevel inverter. Pada penelitian ini telah dilakukan perancangan filter aktif shunt menggunakan matlab Simulink R2015b yang dibuat berdasarkan teori daya sesaat (p-q theory) dan cascaded multilevel inverter lima tingkat dengan model H-Bridge. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa filter aktif shunt cascaded multilevel inverter lima tingkat dapat meminimalisir tingkat distorsi harmonisa arus sesuai dengan yang diijinkan standar IEEE 519-1992 yaitu yang sebelumnya pada fasa R besar nilai THDi mencapai 59.51% menjadi 6.27%, fasa S 62.99% menjadi 4.84% dan pada fasa T 62.40% menjadi 5.76%. Kata kunci: Harmonisa, Filter Aktif Shunt, Cascaded Multilevel Inverter

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KARAKTERISTIK MOTOR INDUKSI YANG DISUPLAI DARI CURRENT SOURCE INVERTER (CSI) PADA KEADAAN STEADY STATE (DEWI AGUSTINA, 2013)

DESAIN MULTILEVEL INVERTER SATU FASA PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) OFF-GRID BERBASIS MIKROKONTROLER PIC16F877 (aidil azhar, 2014)

PENGEREMAN DINAMIK MOTOR INDUKSI 3 PHASA (Munawar, 2018)

DESAIN DAN ANALISIS INVERTER SATU FASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPWM BERBASIS ARDUINO (Khairul Azmi, 2018)

PENGARUH HARMONISA TERHADAP EFISIENSI TRANSFORMATOR DISTRIBUSI 20 KV GARDU INDUK BANDA ACEH (Zakian, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy