//

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEYAKINAN CALON GURU DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NASRULLAH - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
EDUCATIONAL TESTS
PROBLEM SOLVING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan keyakinan mahasiswa calon guru berdasarkan tingkat kemampuan matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui mahasiswa dengan kemampuan berbeda dapat menuliskan prosedur pemecahan masalah, mulai dari memahami masalah, merencanakan, melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali akan tetapi hasilnya berbeda pada setiap kemampuan. Keyakinan mahasiswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah relatif sama untuk semua tingkat kemampuan, yaitu mereka yakin menyelesaikan soal pemecahan masalah membutuhkan waktu yang lama, hanya saja lama waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing tingkatan berbeda. Mereka juga yakin bahwa pemecahan masalah berguna dalam matematika dan kehidupan sehari-hari. Mereka juga yakin bahwa kemampuan pemecahan masalah dapat ditingkatkan dengan proses belajar, sebagian dari subjek juga meyakini kemampuan pemecahan masalah dapat ditingkatkan dengan meningkatkan pemahaman konsep-konsep matematika.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) (HILDA RESTINA, 2018)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH IDEAL PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) (RIDHA YUNIARA, 2018)

PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SOAL PEMECAHAN MASALAH BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 6 RSBI BANDA ACEH (Ulya Nabilla, 2014)

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PROBLEM SOLVING PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS IV SDN 22 BANDA ACEH (Mila Siarama, 2019)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MICROSOFT EXCEL DI SMPIT AL-AZHAR (Runi Sukhami, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy