PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI INKLUSIF KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI INKLUSIF KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Nirwana Ulfha - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206104030042

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Nirwana Ulfha, Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri Inklusif Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs.Martunis, M.Si (2) Khairiah, S.Pd,M.Ed.

Kata Kunci: Layanan BK, Inklusif

Bimbingan dan konseling merupakan suatu proses bantuan yang diberikan konselor kepada seluruh siswa termasuk ABK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri Inklusif Kota Banda Aceh serta hambatan yang di hadapi dalam proses pelaksanaan layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru BK di SMP Negeri 4, 10, dan 18 Banda Aceh sebanyak 3 orang. Sedangkan Objek penelitian adalah layanan yang dilaksanakan di SMP Negeri Inklusif Kota Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan pelaksanaan program BK di sekolah inklusif masih belum berjalan maksimal, dimana pelayanan yang diberikan guru BK masih sama dengan siswa reguler karena guru BK tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan khusus tentang menangani ABK, namun dari segi perencanaan program BK di sekolah inklusif sudah memenuhi prosedur, dalam hal penyusunan program BK di sekolah inklusif juga belum berjalan baik, implementasi program BK di sekolah inklusif kurang maksimal, kemudian evaluasi program BK di sekolah inklusif juga belum optimal. Simpulan dari penelitian ini bahwa pelaksanaan layanan BK di sekolah inklusif di Banda Aceh belum berjalan maksimal. Saran yang diberikan kepada kepala sekolah melalui Kepala Dinas Pendidikan untuk dapat meningkatkan kapasitas guru BK dalam bidang pelayanan BK khusunya bagi ABK yang bersekolah di sekolah tersebut dengan menyediakan tenaga ABK yang mempunyai keterampiln untuk melaksanakan layanan BK tersebut, dengan bekerja sama dengan jurusan BK yang mempunyai konsentrasi tentang ilmu tersebut. Bagi guru BK diharapkan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan ABK agar seluruh siswa dapat tertangani dengan baik dengan cara mengikuti pelatihan dan workshop pendidikan inklusif.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK