//

ISOLASI KAPANG PENYEBAB DERMATOFITOSIS PADA MARMUT (CAVIA PORCELLUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Febryansyah - Personal Name
SubjectFUNGI
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Marmut sebagai hewan kesayangan dapat terinfeksi oleh kapang dermatofit yang bersifat zoonosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi kapang penyebab dermatofitosis pada marmut. Penelitian ini menggunakan lima ekor marmut yang terinfeksi dermatofitosis dari Pet shop di kota Banda Aceh. Isolasi keberadaan kapang dilakukan dengan cara pemeriksaan secara makroskopis dan mikroskopis. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kapang penyebab dermatofitosis pada marmut disebabkan oleh kapang jenis Trichophyton sp dan Microsporum sp. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa kapang penyebab dermatofitosis yang dapat diisolasi pada marmut sebagai penyebab dermatofitosis adalah Trichophyton sp dan Microsporum sp. Jenis kapang tersebut adalah Trichophyton sp. dan Microsporum sp. Kata kunci : Marmut, dermatofitosis, kapang, Trichophyton sp., dan Microsporum sp.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI CANDIDA SP PADA RONGGA MULUT (CAVUM ORIS) MARMUT (CAVIA PORCELLUS) (Mia Amelia Irna Sari, 2019)

ISOLASI JAMUR PENYEBAB DERMATOFITOSIS SECARA SIMTOMATIK PADA KUCING KAMPUNG (FELLIS DOMESTICUS) DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Tri Fajarko, 2016)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI KAPANG TRICOPHYTON SP. PENYEBAB DERMATOFITOSIS PADA AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) DI KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (Satria Nugraha, 2015)

ISOLASI TRICOPHYTON SP PENYEBAB DERMATOFITOSIS PADA KAMBING KACANG (CAPRA AEGAGRUS HIRCUS) (Dinda Aulia Putri, 2021)

DIAGNOSA KASUS DERMATOFITOSIS PADA KUCING DENGAN WOOD’S LAMP DAN SLIDE CULTURE (Novita Fauziah Putri Pane, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy