PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Pengarang

Zinatun Hayati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200160016

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Matematika FKIP Unsyiah., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Zinatun Hayati (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi
Matematis melalui Model Discovery Learning di Sekolah Menengah Pertama.
Materi matematika abstrak bagi siswa dan selalu dihubungkan dengan angka
dan rumus. Banyak siswa merasa kurang percaya diri menyelesaikan soal
matematika dan kesulitan dalam mengekspresikan ide-ide matematika melalui lisan
maupun tulisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa yang diajarkan
dengan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis penelitian eksperimental dan desain penelitiannya menggunakan true
eksperiment tipe pretes and posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh
siswa kelas VIII SMP N 2 Sigli. Sampel dipilih dua kelas secara random yaitu kelas
VIII2
dan VIII
3
. Instrumen penelitian yang digunakan tes kemampuan komunikasi
matematis dan angket disposisi. Analisis data kemampuan komunikasi matematis
dan disposisi siswa dilakukan dengan uji ANAVA dua jalur pada taraf signifikan
0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi
matematis dan disposisi siswa yang diajarkan dengan model discovery learning lebih
baik dari pada yang diajarkan dengan pendekatan konvensional. Selanjutnya, tidak
terdapat interaksi antara model discovery learning dengan level siswa terhadap
peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis. Oleh karena itu,
penggunaan model discovery learning pada materi bangun ruang dapat
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa.
Kata Kunci: Model discovery learning, Komunikasi matematis dan disposisi

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK