DETEKSI RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER DI BALAI VETERINER BUKITTINGGI SUMATERA BARAT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

DETEKSI RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER DI BALAI VETERINER BUKITTINGGI SUMATERA BARAT


Pengarang

NURUL HILDANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1602001010021

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Hewan / Kesehatan Hewan (D3) / PDDIKTI : 54461

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

DETEKSI RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING BROILER DI BALAI VETERINER BUKITTINGGI
SUMATERA BARAT

ABSTRAK
Deteksi Residu Antibiotik pada Daging Broiler di Balai Veteriner Bukittinggi Sumatera Barat.Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui teknik uji residu antibiotik pada daging ayam broiler yang diperiksa di Balai Veteriner Bukittinggi Sumatera Barat. Pengujian ini dilakukan dengan metode uji tapis (screning test) sesuai dengan SNI 7424:2008 secara bioassay, yaitu dengan menggunakan paper disk yang diselipkan pada daging ayam broiler yang telah disayat.Sampel daging ayam broiler diuji ini berasal dari kota Padang yang terdiri dari 3 ekor daging ayam broiler bagian paha. Antibiotik yang digunakan yaitu penisilin, oksitetrasiklin, kanamisin dan sulfadiazin. Hasil pengujian ini menunjukkan hasil negative pada keseluruhan sampel daging ayam broiler. Berdasarkan pengujian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat residu antibiotik pada daging ayam broiler yang berasal dari kota Padang. Hal ini menunjukkan masih terjaminnya keamanan pangan pada daging ayam broiler di kota Padang.

Kata kunci: Residu, antibiotik, daging ayam broiler.
?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK