BAHASA TABU DALAM MASYARAKAT GAYO DI KABUPATEN BENER MERIAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

BAHASA TABU DALAM MASYARAKAT GAYO DI KABUPATEN BENER MERIAH


Pengarang

Silfita Yani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506102010006

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Yani, Silfita . 2019. Bahasa Tabu dalam Masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:

(1) Dr. Rajab Bahry, M.Pd. (2) Dr. Ramli, M.Pd.
Kata Kunci: Masyarakat Gayo, Bahasa Tabu
Penelitian ini berjudul “Bahasa Tabu dalam Masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah”. Masalah dalam penelitian ini adalah apa saja kata tabu dilihat dari penggolongan dan konteks saat menuturkannya dalam masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikanpenggolongan bahasa tabu dalam masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah. Sumber data penelitian ini adalah masyarakat penutur Gayo yang ditunjuk sebagai informan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan teknik simak libat cakap dan rekam, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan mengelompokan data ke dalam kategori penggolongan bahasa tabu kemudian ditemukan jumlah bahasa tabu secara keseluruhan dan jumlah kata tabu dalam setiap katagori dalam Masyarakat Gayo di Kabupaten Bener Meriah. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu keseluruhan kata 41 kata tabu, terdiri dari (1) tabu menyebut nama orang 15 kata, (2) tabu menyebut nama binatang 4 kata, (3) tabu menyebut nama anggota tubuh 3 kata, (4) tabu menyebut nama penyakit 4 kata, (5) tabu menyebut kata-kata tertentu 7 kata, dan (5) tabu menyebut sumpah serapah 8 kata.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK