//

PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BLANGKEJEREN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jumratul Sakdiah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sakdiah, Jumratul. 2019. Pembelajaran Geometri Melalui Contextual Teaching Learning (CTL) Berbasis Etnomatematika di kelas VII SMP N 1 Blangkejeren. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. Salasi R, M.Pd., (2) Dra. Yuhasriati, M. Pd Kata Kunci: contextual teaching learning, etnomatematika, geometri Jumlah siswa yang remedial di kelas VII SMP N 1 Blangkejeren setiap tahunnya selalu terbanyak. Artinya secara klasikal siswa belum melebihi KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa materi geometri dengan penerapan Contextual Teaching Learning (CTL) berbasis etnomatematika di kelas VII SMP N 1 Blangkejeren. CTL berbasis etnomatematika diharapkan dapat membantu siswa memperoleh nilai melebihi KKM. Subjek penelitian ini yaitu 20 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan CTL (Contekstual Teaching Learning) berbasis etnomatematika pada pembelajaran geometri (segi empat dan segitiga) di kelas VII SMP N 1 Blangkejeren, dari 20 siswa yang mengikuti pembelajaran selama 3 kali pertemuan dan mengikuti tes hasil belajar, dengan rata-rata nilai 76,3 sebagaimana nilai KKM yang ditetapkan di sekolah adalah 70, setelah diuji didapatkan datanya normal, maka data diuji dengan uji parametrik menggunakan uji t, setelah olah data dilakukan diperoleh t_hitung>t_tabel, yaitu 2,006>1,729, maka dapat disimpulkan bahwa 20 hasil belajar siswa materi geometri di kelas VII SMP N 1 Blangkejeren dapat memenuhi KKM. Implikasi kajian yaitu pelaksanaan pembelajaran geometri melalui pendekatan CTL berbasis etnomatematika dapat diperluas pada materi matematika lain yang memiliki karakteristik yang sesuai. Hal ini penting dilakukan untuk membantu siswa untuk mencapai ketuntasan hasil belajar. Selain itu mereka mampu menjadikan matematika dekat dengan kesehariannya dan budaya yang ada pada daerahnya yang memiliki unsur-unsur matematika.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

APPLYING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING METHOD IN TEACHING WRITIN G FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Soraya, 2021)

THE OVERVIEW OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH FOR RNELEMENTARY SCHOOL LEVEL RN(A LIBRARY RESEARCH) (Fajrinur, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy