PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018


Pengarang

CUT FASYA ZALISKA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1407101010128

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kepuasan pasien adalah perbandingan antara harapan pasien dengan kenyataan
yang dialami oleh pasien saat di rumah sakit. Ruang rawat inap salah satu ruang di
rumah sakit, yang digunakan sebagai tempat perawatan pasien. Ruang rawat inap
di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDAZA) Banda Aceh
memiliki beberapa jenis ruang rawat inap, diantaranya: VIP, kelas I, kelas II, dan
kelas III, dengan setiap ruangnya memiliki kondisi yang berbeda. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat
VIP dan non VIP, perbandingan tingkat kepuasan antara kelas I, kelas II, dan
kelas III, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat
kepuasan di setiap jenis ruang rawat yang diteliti. Jenis penelitian ini adalah
analitik dengan desain cross sectional. Total sampel pada penelitian ini adalah
160 sampel, dari 36 sampel pasien VIP, 36 sampel pasien kelas I, 36 sampel
pasien kelas II, dan 52 sampel pasien kelas III. Hasil penelitian didapatkan bahwa
perbandingan tingkat kepuasan antara pasien VIP dan non VIP p-value < 0,05.
Sedangkan perbandingan antara pasien kelas I, kelas II, dan kelas III, p-value
>0,05. Faktor yang mempengaruhi di seluruh jenis ruang rawat inap adalah faktor
kebersihan dan kelengkapan fasilitas kamar mandi dan toilet. Kesimpulannya
tingkat kepuasan antara pasien VIP dan non VIP berbeda. Sedangkan
perbandingan antara kelas I, kelas II, kelas III tidak memiliki perbedaan.
Kata kunci: Kepuasan Pasien, Perbedaan Tingkat Kepuasan, Ruang Rawat Inap,
Kualitas Pelayanan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK