//

JENIS LALAT PENGHISAP DARAH SEBAGAI VEKTOR POTENSIAL SURRA PADA KUDA DI ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Rahmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

JENIS LALAT PENGHISAP DARAH SEBAGAI VEKTOR POTENSIAL SURRA PADA KUDA DI ACEH TENGAH ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi jenis lalat penghisap darah sebagai vektor potensial Surra pada kuda di empat Kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah. Koleksi sampel dilakukan pada peternakan kuda yang ada di Kecamatan Bebesan, Lut Tawar, Bintang dan Pegasing. Dalam penelitian ini masing-masing lokasi dipasang perangkap lalat tipe NZ1 trap yang ditempatkan di sekitar kandang berjarak sekitar ± 10 m dari kandang selama 24 jam dan menggunakan tangguk serangga (sweepnet) yang dilakukan pada daerah dalam kandang. Lalat dieuthanasi menggunakan alkohol 70% kemudian disimpan dalam botol sampel. Seluruh sampel yang diperoleh dari setiap lokasi diidentifikasi menggunakan kunci identifikasi. Hasil yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan pada kuda di Kabupaten Aceh Tengah diperoleh 2 (dua) jenis lalat penghisap darah yaitu Stomoxys calcitrans dan Haematobia irritans. Dapat disimpulkan bahwa kuda di Kabupaten Aceh Tengah terinfestasi S. calcitrans dan H. irritans. Kata kunci: Kuda, Lalat penghisap darah, Surra.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KERAGAMAN LALAT PENGHISAP DARAH SEBAGAI VEKTOR POTENSIAL TRYPANOSOMA EVANSI PADA KERBAU DI DAERAH PEGUNUNGAN DAN PESISIR DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Marhamah Fadhillah, 2018)

KERAGAMAN LALAT PENGHISAP DARAH SEBAGAI VEKTOR POTENSIAL TRYPANOSOMA EVANSI DI DAERAH PEGUNUNGAN DAN PESISIR DI KABUPATEN ACEH BESAR (Raja Rachmarenca, 2018)

KERAGAMAN LALAT PENGHISAP DARAH PADA SAPI PERAH DI KOTA PADANG PANJANG (Varhanno Khallifhatul Khanh, 2019)

DIAGNOSIS SURRA (TRYPANOSOMA EVANSI ) DENGAN METODE MHCT DAN INDIRECT ELISA PADA KUDA DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Sri Wulan Handayani L.Tobing, 2019)

IDENTIFIKASI LALAT PENGHISAP DARAH PADA GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI LOKASI CONSERVATION RESPONSE UNIT (CRU) DAN PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) ACEH (M. Agung Murdiansyah Tanjung, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy