//

IMMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SD ATEUK KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurlina - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
SCHOOL ADMINISTRATION AND MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SDN ATEUK KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Nurlina NIM: 1109200050058 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Nasir Usman, M. Pd 2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd ABSTRAK Kemampuan guru dalam mengelola manajemen pengajaran merupakan salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan pengajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah, karena Manajemen Pengajaran yang baik akan sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pengajaran PAI pada SD Ateuk Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode: deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah: Kepala sekolah, wakil Kepala sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di SD Ateuk Kuta Baro Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pengajaran yang disusun berdasarkan pedoman yang berlaku, (2) Pelaksanaan pengajaran diawali dengan appersepsi dan dilanjutkan dengan penyajian materi, sedangkan pengelolaan kelas dengan mengkombinasikan kegiatan individu, kelompok dan klasikal. Hal ini terlihat dan cara guru menguasai materi sudah cukup memadai, dan masih ditemukan guru yang belum terbiasa dalam menggunakan media pembelajaran, (3) Evaluasi yang dilakukan guru dengan acuan KKM sesuai dengan indikator dalam standar kompetensi kelulusan mata pelajaran PAI, dan remedial lebih sering dilakukan setelah ujian, karena kemampuan siswa masih di bawah KKM. Evaluasi hasil pembelajaran masih menggunakan bentuk tes tulis dan tidak tertulis. Guru masih banyak yang belum melaksanakan analisis pembelajaran, sehingga masih diragukan kualitas yang digunakan. Selanjutnya kendala yang di hadapi guru PAI dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa adalah: kurangnya sarana pendukung pengajaran, keadaan peserta didik melebihi kapasitas dan motivasi peserta didik rendah serta belum maksimalnya dukungan masyarakat. Kata kunci : Manajemen Pengajaran dan Prestasi belajar

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MTSN RNKOTA LHOKSEUMAWE (Siti Aminah, 2014)

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD NEGERI DAYAH GUCI KABUPATEN PIDIE. (Muhammad Nur, 2015)

EVALUASI KEBUGARAN JASMANI SISWA SMP ABULYATAMA LAM ATEUK ACEH BESAR TAHUN 2013/2014 (Agus Riyanto, 2017)

ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DALAMRNMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWARNDI SMP NEGERI 12 BANDA ACEH (Vera Siska, 2015)

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT DAN WUJUD BENDA DI SD NEGERI GAROT KABUPATEN ACEHN AJARAN 2010/2011 (Ermanida AR, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy