//

ANALISIS BIAYA PASOKAN LIQUIFIED PETROLEUM GAS 3 KG BERSUBSIDI MENGGUNAKAN METODE PROGRAMA LINIER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RUDI ALFIAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sistem distribusi Liquified Petroleum Gas (LPG) tabung 3 kg dikendalikan oleh kebijakan pemerintah yang mengatur setiap entitas rantai pasok, dimana pelaksanaannya selalu dikendalikan dan diawasi. Sistem ini didistribusikan dengan sistem tertutup (outbound Chanel), terdiri atas Stasiun Pengangkutan dan Pengisian Bulk Elpiji (SPPBE), serta Distribution Channel (Agen dan Pangkalan/ Sub Agen). Tingginya biaya transportasi LPG tabung 3 kg bersubsidi saat ini menjadi penyebab terjadinya lonjakan harga pada konsumen akhir. Umumnya dikarenakan ketidakteraturan distribusi sehingga mempengaruhi faktor jarak pendistribusian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis biaya minimum transportasi yang feasibel berdasarkan banyaknya unit tabung yang akan didistribusikan dari supply point oleh Agen/Penyalur ke Pangkalan/Sub Penyalur di wilayah Kabupaten Aceh Jaya. Hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan metode Programa Linier pada Excel Solver. Dengan metode tersebut menunjukkan bahwa biaya minimum total yang feasible adalah sebesar Rp. 190.453.083,-, dari yang sebelumnya sebesar Rp. 499.134.625,- dan membentuk suatu keteraturan pendistribusian LPG tabung 3 kg bersubsidi di wilayah Kabupaten Aceh Jaya. Kata Kunci : LPG 3 kg, Distribusi, Moda Transportasi, Excel Solver

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK PETROLEUM ETER BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM LINN) DENGAN VITAMIN C TERHADAP AKTIVITAS CANDIDA ALBICANS (Nurul Khaira, 2015)

PERBUATAN MELAWAN HUKUM DALAM PENJUALAN PUPUK BERSUBSIDI DIATAS HARGA ECERAN TERTINGGI (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN BLANGPIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA) (HAIKAL MAULIDY, 2019)

ANALISIS KEBUTUHAN DAN ELASTISITAS HARGA PUPUK BERSUBSIDI DI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Yunita Iriyanti, 2021)

PENGARUH NILAI KURS TERHADAP NERACA PERDAGANGAN MINYAK BUMI INDONESIA (Safriyati, 2016)

PENGARUH BBM SOLAR BERSUBSIDI TERHADAP KEUNTUNGAN NELAYAN KECIL DI DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (SAFARINA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy